MAKNA KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI BAGI PARA PENYANDANG DISABILITAS DI DESA CIBUYUR, KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG


Intan Apri Kirana Murti , 3401414006 (2020) MAKNA KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI BAGI PARA PENYANDANG DISABILITAS DI DESA CIBUYUR, KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401414006.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penyandang disabilitas merupakan kelompok masyarakat yang memiliki kondisi yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya, termasuk penyandang disabilitas di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Kondisi penyandang disabilitas yang berbeda dengan masyarakat lainnya membuat penyandang disabilitas memiliki makna kesejahteraan sosial ekonomi yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui makna kesejahteraan sosial ekonomi bagi para penyandang disabilitas di Desa Cibuyur, (2) Upaya yang dilakukan penyandang disabilitas di Desa Cibuyur dalam Mencapai Kesejahteraan Sosial Ekonomi, dan (3) Pandangan Masyarakat terhadap Penyandang Disabilitas di Desa Cibuyur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Lokasi penelitian ini berada di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Subjek dalam penelitian ini adalah penyandang disabilitas dan masyarakat Desa Cibuyur. Metode analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Konsep dan Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah konsep hierarki kebutuhan dari Abraham Maslow dan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Makna kesejahteraan sosial ekonomi bagi penyandang disabilitas di Desa Cibuyur adalah memperoleh pengakuan dan penghargaan yang setara dengan manusia lainnya, memperoleh kesempatan untuk bekerja, terpenuhinya kebutuhan ekonomi, adanya bantuan dari pemerintah (2) Upaya yang dilakukan penyandang disabilitas adalah dengan melakukan aktivitas sosial dan ekonomi (3) Masyarakat merasa bangga dan bersimpati dengan upaya yang dilakukan penyandang disabilitas . Saran yang dapat diajukan bagi pemerintah memberikan bantuan berupa alat, dana dan program yang mendukung bagi penyandang disabilitas dan bagi masyarat memberikan kesempatan kerja dan peluang sosial bagi para penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial Ekonomi, Makna, Penyandang Disabilitas
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:24
Last Modified: 04 Sep 2020 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38907

Actions (login required)

View Item View Item