IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KEBUMEN NOMOR 10 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (STUDI KASUS DI STIE PUTRA BANGSA KEBUMEN)


Muhamad Azka , 3312415003 (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KEBUMEN NOMOR 10 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (STUDI KASUS DI STIE PUTRA BANGSA KEBUMEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312415003.pdf] PDF - Published Version
Download (903kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok yang besar. Realita ini mendorong daerah-daerah untuk mengundangkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), salah satunya yaitu Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 10 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok khususnya di STIE Putra Bangsa Kebumen; (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat Implementasi Peraturan daerah Kabupaten Kebumen Nomor 10 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang dihasilkan yaitu data deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Uji validitas data dilakukan dengan mengkomparasikan data dari beberapa narasumber dan juga dengan kondisi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 10 tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok khususnya pada tingkat pendidikan tinggi belum berjalan dengan optimal; (2) tahapan pelaksanan Perda KTR mengalami sejumlah dinamika antara lain: a) komunikasi antar SKPD sudah baik, namun belum mencakup elemen yang lebih luas, b) pelaksana kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) terhambat keterbatasan sumber daya, c) masih ada beberapa unsur pelaksana (implementor) yang belum seutuhnya berkomitmen, d) struktur birokrasi cenderung terlalu panjang dan kaku. Saran yang diajukan peneliti ialah: (1) Pemerintah Kabupaten Kebumen sebaiknya mengkaji petunjuk pelaksanaan Perda KTR ini berkaitan dengan evaluasi efektivitas komunikasi serta struktur birokrasi yang diterapkan. (2) Pemerintah Kabupaten Kebumen sebaiknya mengoptimalkan sumber daya baik secara kualitas maupun kuantitas serta memberikan daya dukung infrastruktur yang lebih memadai untuk melaksanakan Perda KTR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Kawasan Tanpa Rokok, Peraturan Daerah.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:46
Last Modified: 04 Sep 2020 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38903

Actions (login required)

View Item View Item