PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN DALAM MENINGKATKAN RASA PERSATUAN (KASUS ALUMNI PARADE CINTA TANAH AIR OLEH KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN PERTAHANAN JATENG)


Nurul Hidayah , 3301416069 (2020) PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN DALAM MENINGKATKAN RASA PERSATUAN (KASUS ALUMNI PARADE CINTA TANAH AIR OLEH KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN PERTAHANAN JATENG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301416069.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kondisi Indonesia pada era globalisasi saat ini, menjadi penting untuk masyarakat memiliki wawasan kebangsaan. Terutama pada generasi muda yang akan meneruskan perjuangan. Dengan berbagai kasus sara dan radikal, perlu adanya penguatan wawasan kebangsaan. Oleh karena itu, Kanwil Kemhan Jateng melaksanakan penguatan wawasan kebangsaan dalam meningkatkan rasa persatuan bagi Alumni Parade Cinta Tanah Air. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penguatan wawasan kebangsaan serta faktor penghambat dan faktor pendukung apa saja dalam meningkatkan persatuan (kasus Alumni Parade Cinta Tanah Air oleh Kanwil Kemhan Jateng) Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian yaitu penguatan wawasan kebangsaan serta faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan penguataan wawasan kebangsaan bagi Alumni PCTA Jateng. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis dengan interaktif melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan penguatan wawasan kebangsaan dalam meningkatkan rasa persatuan bagi Alumni PCTA oleh Kanwil Kemhan Jateng diadakan secara bertahap. Dari sosialisasi Lomba PCTA, pelaksanaan lomba PCTA, pembentukan organisasi Alumni PCTA, dan Pembinaan Alumni PCTA dan lainnya. Kegiatan yang paling menguatkan rasa persatuan pada saat mengikuti seminar menghadapi pemilu serentak 2019. Selain itu kegiatan program kerja Alumni PCTA di berbagai daerah untuk mengenali potensi daerah tersebut sama dengan mengenali potensi daerah di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Alumni PCTA dapat merasakan kebersamaan dan gotong royong dalam setiap kegiatan. Serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Faktor penghambat yaitu tidak semua instansi ikut berpartisipasi sosialisasi lomba. Kemudian faktor penghambat dari Alumni PCTA yaitu beberapa Alumni PCTA yang kurang tertarik belajar dalam materi wawasan kebangsaan. Faktor pendukungnya terdapat sarana dan prasarana yang menunjang dan Alumni PCTA yang memiliki rasa cinta terhadap NKRI. Saran yang diberikan penulis adalah (1) kepada Kanwil Kemhan Jateng mengusahakan semua peserta yang lolos supaya bisa ikut dalam sosialisasi pelaksanaan lomba. Sehingga, konsep dan ketentuan lomba tersampaikan kepada peserta. (2) Kepada Alumni PCTA sebaiknya lebih diaktifkan karena di situ secara langsung bisa bertemu dengan pihak-pihak penting dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Wawasan Kebangsaan, Persatuan,
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:23
Last Modified: 04 Sep 2020 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38896

Actions (login required)

View Item View Item