ANALISIS HAMBATAN SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI SUMBER DAYA PERTAMBANGAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG


Hoirul Amanah , 3201415055 (2020) ANALISIS HAMBATAN SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI SUMBER DAYA PERTAMBANGAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201415055.pdf] PDF - Published Version
Download (868kB)

Abstract

SMA Negeri 1 Dukun adalah satu-satunya sekolah di Kecamatan Dukun yang terletak di kawasan pertambangan terutama pasir dan batu. Dengan kondisi tersebut diperkirakan siswa SMA Negeri 1 Dukun mempunyai pengetahuan yang cukup tentang sumber daya pertambangan yang ada di lingkungan karena dalam kurikulum SMA kelas XI terdapat materi tentang sumber saya pertambangan. Akan tetapi berdasarkan nilai yang didapatkan siswa belum maksimal. Masih terdapat siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui secara pasti tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri 1 Dukun terhadap sumber daya pertambangan di lereng Merapi dan hambatan yang dialami siswa dalam mempelajari sumber daya pertambangan serta menyusun strategi untuk membantu siswa mangatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dukun dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 dan kelas XI IPS 4. Penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber daya dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data mengguanakan metode tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, setelah data masuk maka langkah selanjutnya adalah perhitungan dan pengkategorisasian data yang didapat. Berdasarkan hasil analisis data, dari sampel sebanyak 67 siswa, dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan siswa tentang sumber daya pertambangan di vi Lereng Merapi termasuk dalam kategori kurang dengan persentase 48% rata-rata keseluruhan 31,8. Hambatan siswa hasil analisis data dari sampel 67 siswa dan 1 guru dapat diketahui bahwa faktor hambatan siswa dari segi internal yang paling menghambat siswa adalah faktor motivasi siswa dengan persentase 49%, sedangkan faktor ekternal yang paling menghambat adalah faktor lingkungan masyarakat dengan persentase 50%. Strategi yang dapat membantu siswa dalam mepelajari sumber daya pertambangan adalah (1) penambahan buku geografi yang dapat menunjang proses pembelajaran geografi sehingga siswa dapat dengan mudha mencari referensi materi pembelajaran geografi, (2) penggunaan media yang disediakan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran geografi, (3) pengembangan metode pembelajarn yang bervariatif dalam proses pembelajaran geografi, (4) pembuatan buku suplemen yang berhubungan dengan sumber daya pertambangan khususnya yang terdapat di Kecamatan Dukun yang dapat menunjang pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Belajar, Sumber Daya Pertambangan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 05:48
Last Modified: 04 Sep 2020 05:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38884

Actions (login required)

View Item View Item