PEMANFAATAN SITUS-SITUS SEJARAH DI PATI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN PATI


Mahendra Eka Awantara, 3101415053 (2020) PEMANFAATAN SITUS-SITUS SEJARAH DI PATI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101415053.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan situs sejarah masa kolonial sebagai sumber belajar merupakan hal yang penting, karena merupakan salah satu sumber yang dapat memberikan gambaran suatu peristiwa dengan lebih konkrit kepada siswa. Kabupaten Pati mempunyai beberapa situs bersejarah masa kolonial yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan situs sejarah tersebut juga memiliki kesesuaian dengan materi yang terdapat dalam Kurikulum 2013. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian pemanfaatan situs bersejarah sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana pemanfaatan situs-situs sejarah masa kolonial di Kabupaten Pati sebagai sumber belajar; (2) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pemanfaatkan situs-situs sejarah masa kolonial sebagai sumber belajar; (3) mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan situs-situs sejarah masa kolonial sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan lokasi penelitian di SMAN 1 Pati, SMAN 2 Pati, SMAN 1 Juwana dan SMAN 1 Batangan. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, siswa/peserta didik serta juru kunci situs sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif, yang meliputi reduksi data, Penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk pemanfaatan tersebut yaitu, pertama-tama guru mengumbulkan berbagai informasi, kemudian mengolahnya dan hasilnya disampaikan menggunakan media gambar, video dan pemberian tugas. (2) Kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan waktu, jarak, lokasi dan faktor internal masing-masing siswa dan guru. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru sejarah untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan menggunakan media seperti gambar, video dan pemberian tugas dalam proses pemanfaatan situs sejarah masa kolonial sebagai sumber belajar. Saran yang penulis berikan untuk guru sejarah yaitu guru haruslah sering membuat inovasi dengan memanfaatkan situssitus sejarah masa kolonial dalam pembelajaran sejarah di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Situs Sejarah, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:01
Last Modified: 04 Sep 2020 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38876

Actions (login required)

View Item View Item