PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 CANDIROTOTAHUN PELAJARAN 2019/2020


Putri Presti Wantika , 3101415034 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 CANDIROTOTAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101415034.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Salah satu kunci untuk menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan di dalam kelas adalah penggunaan model pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa tertarik untuk ikut terlibat dalam proses belajar di kelas. Untuk itu perlu adanya inisiatif untuk menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan kekatifan siswa dalam kelas. Model pembelajaran make a match menjadi alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA N 1 Candiroto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain preexperimental. Pengumpulan data menggunakan instrumen dan diuji menggunakan uji validitas dan uji reabilitas instrumen. Sedangkan untuk analisis data menggunakan perhitungan uji regresi linear sederhana. Langkah selanjutnya adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kekatifan belajar sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji linearitas dimana diperoleh rhitung= 0,433 >rtabel= 0,339,sedangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Make A Match, Keaktifan Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:58
Last Modified: 04 Sep 2020 11:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38875

Actions (login required)

View Item View Item