PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH SINOM UNTUK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)


Anisatun Nikmah , 2601415036 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH SINOM UNTUK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601415036.pdf] PDF - Published Version
Download (559kB)

Abstract

Serat Wedhatama Sinom adalah salah satu materi yang terdapat pada kelas X SMA. Materi tersebut adalah salah satu materi yang cukup sulit dipahami oleh kebanyakan peserta didik. Penggunaan bahan ajar berupa buku teks merupakan sumber belajar yang sering digunakan pada satuan pendidikan. Namun, penggunaan perangkat pembelajaran lain seperti lembar kerja diperlukan sebagai penunjang atau pelengkap buku teks pelajaran. Kegiatan yang terdapat dalam lembar kerja diharapkan dapat membantu kesulitan peserta didik pada materi Serat Wedhatama Sinom terutama pada bahasanya yang sulit dipahami. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap lembar kerja pembelajaran teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom, (2) mendeskripsikan prototipe lembar kerja pembelajaran teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom, dan (3) mendeskripsikan hasil uji validasi ahli terhadap lembar kerja pembelajaran teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pengisian angket. Adapun sumber data terdiri dari peserta didik, pendidik, dan ahli. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) lembar kerja pembelajaran teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom dibutuhkan oleh pendidik dan peserta didik karena dapat digunakan sebagai pendamping buku teks pelajaran serta sebagai sarana untuk membantu peserta didik memahami isi, menemukan amanat, dan menulis syair tembang Sinom; (2) produk lembar kerja pembelajaran teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom disusun berdasarkan kebutuhan pendidik dan peserta didik serta materi yang terdapat kurikulum 2013 kelas X semester 2. Langkahlangkah yang diterapkan dalam lembar kerja ini adalah mengartikan kata sukar, menerjemahkan tembang setiap baris, menulis terjemahan bebas setiap bait, menemukan amanat, menulis cerita yang relevan dengan isi tembang, dan membuat syair tembang Sinom. Lembar kerja ini diberi judul Lembar Kerja Wedhatama Jilid 2; (3) berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terkait dengan kelayakan lembar kerja didapatkan hasil bahwa lembar kerja yang sudah disusun secara umum sudah layak, namun perlu ada perbaikan pada beberapa aspek. Setelah melalui perbaikan, produk disusun berdasarkan saran ahli. Oleh karena itu, lembar kerja ini mempunyai potensi untuk bisa digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Serat Wedhatama Sinom.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja, Serat Wedhatama Sinom.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:45
Last Modified: 04 Sep 2020 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38872

Actions (login required)

View Item View Item