Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II Tahun Ajaran 2005/2006


Elfa M Sakdiyah, 2006 (2006) Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II Tahun Ajaran 2005/2006]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II Tahun Ajaran 2005/2006)
Download (33kB) | Preview

Abstract

Efa M Sakdiyah. 2006. Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. 132 h. Kata Kunci: Motivasi, Disiplin, Partisipasi, Prestasi Belajar. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang bersangkutan. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah motivasi, disiplin dan partisipasi. Untuk dapat mengetahui pengaruh motivasi, disiplin dan partisipasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II Tahun Ajaran 2005/2006 maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah tingkat motivasi berprestasi, disiplin belajar siswa, dan partisipasi dalam pembelajaran serta prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati semester II?, (2) Apakah ada pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati semester II?, (3) Variabel manakah yang paling berpengaruh antara motivasi berprestasi, disiplin belajar, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati semester II?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat motivasi berprestasi, disiplin belajar dan partisipasi dalam pembelajaran serta prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II, (2) ada tidaknya pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II, dan (3) Variabel yang paling berpengaruh pengaruh antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS semester II SMA Negeri 1 Tayu Pati. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati Semester II tahun ajaran 2005/2006 yang berjumlah 131 siswa dengan 57 siswa dijadikan sampel.Variabel yang diteliti yaitu motivasi berprestasi, disiplin belajar, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sebagai variabel bebas dan prestasi belajar akuntansi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dalam kategori tinggi (74%), disiplin belajar dalam kategori tinggi (51%), partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat tinggi (54%), dan prestasi belajar dalam kategori baik (47%). Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh persamaan: Ù Y = 19,525 + 0,591X1 + 0,424X2 + 0,531X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 74,554 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel motivasi berprestasi sebesar 4,668 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel disiplin belajar sebesar 4,065 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Sedangkan untuk variabel partisipasi siswa dalam pembelajaran diperoleh thitung sebesar 3,113 dengan probabilitas 0,003 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Besarnya pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi secara simultan adalah 80,8%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel, yaitu motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 29,16%, disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 23,81% dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi sebesar 15,44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Pati baik secara simultan maupun parsial dan variabel yang paling berpengaruh adalah motivasi berprestasi kemudian diikuti oleh disiplin belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada siswa sebaiknya siswa dapat menentukan proporsi waktu belajar sebaik mungkin dengan mempertimbangkan kemampuan kognitif yang dimiliki sehingga prestasi belajar akuntansi dapat lebih optimal. Hendaknya guru dapat membantu meningkatkan disiplin belajar siswa dengan cara memberi kesempatan kepada siswa untuk selalu bertanya mengenai materi yang dijelaskan dan siswa hendaknya langsung bertanya kepada guru jika susah mencerna materi yang diterangkan oleh guru di depan kelas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Kepada pihak sekolah untuk lebih menyediakan refrensi buku-buku akuntansi yang bervariasi agar dapat dipinjam oleh siswa dan guru perlu memberikan penugasan-penugasan yang menuntut siswa untuk mencari literatur lain, seperti penugasan kepada siswa untuk mencari soal-soal untuk dibawa ke forum diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Disiplin, Partisipasi, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Sep 2011 00:54
Last Modified: 05 Sep 2011 00:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item View Item