IMPLEMENTASI PELAYANAN THREE IN ONE (3 IN 1) DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KABUPATEN KARANGANYAR


Heni Nur Anisa , 3301415043 (2019) IMPLEMENTASI PELAYANAN THREE IN ONE (3 IN 1) DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PELAYANAN THREE IN ONE (3 IN 1) DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KABUPATEN KARANGANYAR] PDF (IMPLEMENTASI PELAYANAN THREE IN ONE (3 IN 1) DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KABUPATEN KARANGANYAR) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Citra negatif birokrasi adalah lamban, berbelit-belit, suka pungli dan menunda-nunda pekerjaan, bahkan minta dilayani bukannya melayani masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan melalui layanan terintegrasi dalam bentuk paket layanan di bidang Pencatatan Sipil yaitu Pelayanan Three in One (3 in 1). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Pelayanan Three In One (3 In 1) dan faktor pendukung dan penghambat implementasi Pelayanan Three In One (3 In 1) dalam pelayanan administrasi kependudukan Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Penelitian ini dianalisis menggunakan model implementasi kebijakan publik George C. Edward III dan indikator pengukuran kinerja birokrasi publik yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan beberapa lembaga pendukung. Sumber Daya sudah cukup memadai dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), namun dalam pelaksanaannya mengalami kendala pada sarana yang mengalami kerusakan yaitu kerusakan pada printer Kartu identitas Anak (KIA). Pelayanan Three In One (3 In 1) dapat meningkatkan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA), pelayanan dikerjakan dalam waktu singkat dan tidak menggunakan biaya administrasi/gratis. Respon yang diberikan masyarakat terhadap Pelayanan Three In One (3 In 1) sebagian besar sudah memberikan respon positif. Masyarakat dapat menerima 3 (tiga) dokumen yaitu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu identitas Anak (KIA). Pelaksanaan didukung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar melakukan sosialisasi dengan bekerjasama dengan 17 Kecamatan, PKK, Bagian Hukum Setda Karanganyar, Bapermades, dan Darmawanita. Adapun hambatan yang dihadapi yaitu kurang komunikasi antar bidang dan kerusakan peralatan pelayanan. Implementasi Pelayanan Three in One (3 in 1) berhasil meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendukung tata pemerintahan yang baik (good governance). Saran kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar yaitu harus lebih meningkatkan sosialisasi dengan lembaga terkait, sosialisasi juga dapat dilakukan melalui media sosial maupun media cetak, menambah pegawai pembantu untuk penyerahan dan pengambilan dokumen Kartu Identitas Anak (KIA).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Three In One (3 In 1)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:47
Last Modified: 04 Sep 2020 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38869

Actions (login required)

View Item View Item