PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI EKSTRAKURIKULER MUSIK KERONCONG DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO


LINDA RATNA RATRI , 3301415040 (2019) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI EKSTRAKURIKULER MUSIK KERONCONG DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI EKSTRAKURIKULER MUSIK KERONCONG DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO] PDF (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI EKSTRAKURIKULER MUSIK KERONCONG DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO) - Published Version
Download (703kB)

Abstract

Penguatan pendidikan karakter dapat diselenggarakan di sekolah melalui berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. SMA Negeri 2 Purworejo merupakan sekolah yang menyelenggarakan penguatan pendidikan karakter cinta tanah air melalui ekstrakurikuler musik keroncong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler musik keroncong, pelaksanaan penguatan pendidikan karakter cinta tanah air melalui ekstrakurikuler musik keroncong, dan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan penguatan pendidikan karakter cinta tanah air melalui ekstrakurikuler musik keroncong di SMA Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Purworejo menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari informan, peristiwa/fenomena, dan dokumen yang mendukung penelitian. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi, dan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik interaktif mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler musik keroncong dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, dibimbing oleh seorang pembina dan seorang pelatih, dengan komposisi pemain pada latihan tujuh hingga delapan orang. Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter cinta tanah air melalui ekstrakurikuler musik keroncong ini meliputi pemahaman dan penghayatan syair lagu-lagu keroncong, penguatan pendidikan karakter cinta tanah air melalui proses latihan ekstrakurikuler musik keroncong, dan mengikutsertakan anggota ekstrakurikuler musik keroncong pada berbagai pementasan maupun perlombaan di tingkat kabupaten hingga provinsi. Persepsi peserta didik menaruh rasa hormat, menjunjung tinggi karakter cinta tanah air dengan mencintai alam dan budaya Indonesia serta menghargai jasa para pahlawan melalui musik keroncong Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter cinta tanah air di SMA Negeri 2 Purworejo melalui ekstrakurikuler musik keroncong berdampak/berhasil menguatkan karakter cinta tanah air peserta didik, sehingga perlu senantiasa dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan. Saran, perlu adanya peningkatan fasilitas berupa alat musik, laboratorium musik, penambahan pelatih, kunjungan ke Taman Budaya secara rutin untuk lebih meningkatkan semangat peserta didik mengikuti ekstrakurikuler musik keroncong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Cinta Tanah Air, Ekstrakurikuler Musik Keroncong
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:43
Last Modified: 04 Sep 2020 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38868

Actions (login required)

View Item View Item