LAYANAN PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) NEGERI CILACAP
Nunung Sri Rahayu , 3301415016 (2019) LAYANAN PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) NEGERI CILACAP. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF (LAYANAN PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) NEGERI CILACAP)
- Published Version
Download (717kB) |
Abstract
Setiap Warga Negara berhak memperoleh layanan pendidikan yang memadai dari negaranya. Termasuk bagi penyandang disabilitas. Adanya penyandang disabilitas membawa perlunya didirikan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa untuk memberikan layanan pendidikan bagi mereka, khususnya SMALB Negeri Cilacap. Sekolah tersebut menetapkan Standar Layanan Pendidikan guna memenuhi hak-hak konstitusional bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini berlokasi di SMALB Negeri Kabupaten Cilacap dengan pertimbangan bahwa SMALB Negeri Cilacap merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Lanjutan yang ada di Kecamatan Cilcacap utara dengan akreditasi amat baik (A+). Guru dan peserta didik SMALB Negeri Cilacap telah banyak meraih juara dalam perlombaan dari tingkat kabupaten, provinsi, bahkan tingkat nasional. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana Pelaksanaan Layanan Pendidikan di SMALB Negeri Cilacap; Pelaksanaan Standar Pendidikan di SMALB Negeri Cilacap; dan Hambatan apa yang dialami dalam penyelenggaraan pendidikan di SMALB Negeri Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) Pelaksanaan Layanan Pendidikan di SMALB Negeri Cilacap (2) pelaksanaan Standar Pendidikan di SMALB Negeri Cilacap (3) hambatan dalam penyelenggaraan layanan pendidikan di SMALB Negeri Cilacap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi. Analisis data kualitatif menggunakan teknik induktif umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan layanan Pendidikan di SMALB Negeri Cilacap meliputi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang pelaksanaannya telah sesuai dengan Permendikbud No 23 Tahun 2017 Pasal 5 ayat 1. (2) Pelaksanaan Standar Pendidikan di SMALB Negeri Cilacap dari segi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, Standar Penilaian sudah sesuai dengan SNP. Namun dari segi Standar Tenaga Pendidikan belum memenuhi karena masih ada Tenaga pelayanan khusus yang tidak berijazah dan lulusan Sekolah Dasar. Pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana untuk ruang kelas, perpustakaan ruang UKS dan gudang belum memenuhi sesuai ketentuan Permendikbud No 33 Tahun 2008. Standar Budaya dan Lingkungan Sekolah belum terpenuhi dengan baik, karena lingkungan belajar yang diciptakan belum sepenuhnya kondusif dan integrasi penerapan nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran belum optimal. (3) Hambatan dalam penyelenggaran pendidikan meliputi hambatan dari guru karena keterbatasan jumlah guru, keterbatasan kondisi fisik dan mental peserta didik yang menghanmbat mereka dalam proses pembelajaran, wali peserta didik yang harus mengantar jemput anaknya setiap hari ke sekolah, dan hambatan pemenuhan sarana dan prasarana kerena dana yang terbatas. Berdasarkan hasil penelitian diatas, hal yang disarankan oleh peneliti adalah (1) Pelaksanaan pendidikan dalam bidang kokurikuler perlu ditambah dengan tugastugas dari guru diluar jam pelajaran, namun dengan tidak membebani peserta didik. (2) Pelaksanaan Standar pendidik dan tenaga pendidikan dan Standar Sarana dan Prasarana perlu ditingkatkan kembali. (3) SMALB Negeri Cilacap perlu memberikan solusi yang lebih baik guna mengatasi hambatan yang dialami dalam penyelenggaraan pendidikan. (4) Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap harus memberikan perhatian lebih dan membantu terselenggarakannya standar pendidikan di SMALB Negeri Cilacap.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Pendidikan, Penyandang Disabilitas, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 02:36 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 02:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38862 |
Actions (login required)
View Item |