PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS


Daniar Solekha , 3301415014 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS] PDF (PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Titik utama keberhasilan pendidikan adalah terbentuknya karakter siswa yang baik. Terdapat delapan belas nilai karakter yang dapat diimplementasikan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah. Karakter peduli lingkungan menjadi penting untuk diimplementasikan di sekolah. Hal ini berkaitan dengan banyaknya permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia khususnya di Kabupaten Banyumas. Salah satu upaya untuk mengurangi dan menghentikan kerusakan lingkungan adalah dengan memberikan edukasi tentang lingkungan melalui program adiwiyata. Program adiwiyata mengembangkan pendidikan karakter melalui tata kelola dan budaya sekolah yang berwawasan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) determinan yang menjadikan SMA Negeri 1 Ajibarang meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri; dan (2) pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Adiwiyata Mandiri di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Terdapat dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, alat dokumentasi, dan lembar observasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Ajibarang berhasil meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri dikarenakan memiliki tujuh kultur sekolah, sinergitas pelaksana program adiwiyata, dan kemitraan yang dimiliki sekolah. Sedangkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Ajibarang dilakukan melalui tiga proses yaitu: (1) proses perencanaan dilakukan dengan menyusun dokumen KTSP dan RKAS; (2) proses pelaksanaan dilakukan melalui empat pilar adiwiyata yaitu pilar kebijakan berwawasan lingkungan, pilar kurikulum berbasis lingkungan, pilar kegiatan berbasis partisipatif, dan pilar sarana prasarana yang ramah lingkungan; dan (3) proses evaluasi dilakukan melalui lomba 7K dan monitoring oleh waka kesiswaan dan guru. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Ajibarang berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri (2018) sehingga dapat dijadikan rujukan (role model) bagi sekolah lain di Kabupaten Banyumas dalam melakukan program adiwiyata dan/atau pendidikan karakter peduli lingkungan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Adiwiyata Mandiri
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:27
Last Modified: 04 Sep 2020 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38861

Actions (login required)

View Item View Item