PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi kasus Pada Program Simpan Pinjam bagi Perempuan di Desa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang)


Malia Munafatunnisa , 3401415001 (2019) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi kasus Pada Program Simpan Pinjam bagi Perempuan di Desa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi kasus Pada Program Simpan Pinjam bagi Perempuan di Desa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang)] PDF (PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi kasus Pada Program Simpan Pinjam bagi Perempuan di Desa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang)) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Program Simpan Pinjam bagi Perempuan merupakan program pengembangan ekonomi yang diimplementasikan bagi perempuan melalui pemberian pinjaman modal untuk membuka usaha. Perempuan di Desa Mereng banyak yang mengikuti program tersebut. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) keterlibatan perempuan dalam kegiatan Simpan Pinjam bagi Perempuan di Desa Mereng, (2) kebutuhan praktis dan strategis perempuan yang telah dipenuhi oleh program Simpan Pinjam bagi Perempuan, (3) tingkat keberdayaan perempuan yang mengikuti program Simpan Pinjam bagi Perempuan . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlibatan perempuan dalam kegiatan program Simpan Pinjam bagi Perempuan di Desa Mereng, (2) mengetahui kebutuhan praktis dan strategis perempuan yang telah dipenuhi oleh program Simpan Pinjam bagi Perempuan, (3) mengetahui tingkat keberdayaan perempuan yang mengikuti program Simpan Pinjam bagi Perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis gender Harvard, Moser dan Longwe. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Keterlibatan perempuan dalam mengikuti program Simpan Pinjam bagi Perempuan sudah aktif dilihat dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Kebutuhan praktis perempuan yang terpenuhi yaitu pemberian pinjaman modal untuk berwirausaha, bantuan dana sosial, dan bantuan alat untuk menunjang wirausaha perempuan. Sementara itu, kebutuhan strategis perempuan yang telah terpenuhi yaitu adanya kegiatan pelatihan dan pembinaan bagi perempuan (3) Tingkat keberdayaan perempuan yang mengikuti program Simpan Pinjam bagi Perempuan sudah mencapai pada tingkat kontrol. Saran ditujukan kepada pihak lembaga Simpan Pinjam bagi Perempuan agar meningkatkan manajemen dalam pelaksanaan kegiatan dan meningkatkan pelatihan-pelatihan wirausaha secara berkelanjutan kepada perempuan agar dapat mendorong kemajuan ekonomi dan transformasi sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Partisipasi, Pemberdayaan Perempuan, Simpan Pinjam bagi Perempuan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:58
Last Modified: 03 Sep 2020 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38841

Actions (login required)

View Item View Item