RESPON SISWI DAN ORANGTUA TERHADAP KEBIJAKAN BERPAKAIAN WAJIB BERJILBAB DI SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Aulia Deti Widyani , 3401414025 (2019) RESPON SISWI DAN ORANGTUA TERHADAP KEBIJAKAN BERPAKAIAN WAJIB BERJILBAB DI SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RESPON SISWI DAN ORANGTUA TERHADAP KEBIJAKAN BERPAKAIAN WAJIB BERJILBAB DI SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL] PDF (RESPON SISWI DAN ORANGTUA TERHADAP KEBIJAKAN BERPAKAIAN WAJIB BERJILBAB DI SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (476kB)

Abstract

SMP Negeri 2 Margasari merupakan salah satu sekolah negeri di Kabupaten Tegal yang menerapkan kebijakan berpakaian wajib berjilbab bagi siswi yang beragama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui respon siswi terhadap kebijakan berpakaian wajib berjilbab, (2) mengetahui respon orangtua terhadap kebijakan berpakaian wajib berjilbab, (3) menganalisis kendala yang dialami siswi terhadap penerapan kebijakan berpakaian wajib berjilbab yang diterapkan di SMP Negeri 2 Margasari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Margasari, Jalan Raya Pakulaut, Margasari, Tegal. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala SMP Negeri 2 Margasari, siswi dan orangtua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Peneliti menggunakan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead sebagai analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswi dan orangtua terhadap kebijakan berpakaian wajib berjilbab dilihat dari persepsi dan tindakan atau perilaku siswi dan orangtua. Persepsi siswi dan orangtua terhadap jilbab dapat mempengaruhi tindakan atau perilaku siswi ketika di sekolah maupun di luar sekolah. Kendala yang dialami siswi dalam pelaksanaan kebijakan berpakaian wajib berjilbab berupa hambatan dari dalam diri dan hambatan dari luar. Hambatan dari dalam diri berupa keyakinan diri dan hambatan dari luar berupa pengaruh lingkungan sosial seperti keluarga dan teman sebaya. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi sekolah untuk lebih memperhatikan tentang kebijakan berpakaian wajib berjilbab karena SMP Negeri 2 Margasari merupakan sekolah umum bukan sekolah yang berbasis Islam. Selain itu, sekolah juga harus meningkatkan edukasi pemahaman tentang pentingnya penggunaan jilbab. Bagi siswi untuk tetap berperilaku baik ketika di sekolah maupun di luar sekolah baik itu menggunakan jilbab atau tidak menggunakan jilbab. Bagi orang tua untuk lebih memperhatikan perilaku anak ketika di sekolah maupun di luar sekolah. Orangtua bisa menjadi teman sharing sehingga memudahkan dalam memberikan bimbingan dan arahan bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Wajib Berjilbab, Respon Orangtua, Respon Siswi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:52
Last Modified: 03 Sep 2020 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38839

Actions (login required)

View Item View Item