MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN BENTUK LAYANAN TAMAN PENITIPAN ANAK ISLAM TERPADU (TPAIT) ABU BAKAR ASH SHIDIQ JUWANA DALAM MENGGANTIKAN PERAN KELUARGA


Eri Trianingsih , 3401414013 (2019) MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN BENTUK LAYANAN TAMAN PENITIPAN ANAK ISLAM TERPADU (TPAIT) ABU BAKAR ASH SHIDIQ JUWANA DALAM MENGGANTIKAN PERAN KELUARGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN BENTUK LAYANAN TAMAN PENITIPAN ANAK ISLAM TERPADU (TPAIT) ABU BAKAR ASH SHIDIQ JUWANA DALAM MENGGANTIKAN PERAN KELUARGA] PDF (MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN BENTUK LAYANAN TAMAN PENITIPAN ANAK ISLAM TERPADU (TPAIT) ABU BAKAR ASH SHIDIQ JUWANA DALAM MENGGANTIKAN PERAN KELUARGA) - Published Version
Download (896kB)

Abstract

Diera globalisasi, peran masyarakat telah dituntut secara aktif tanpa memandang perbedaan status dengan ciri adanya pemerataan kesempatan untuk bekerja termasuk generasi muda dan perempuan. Hal tersebut berdampak pada peran yang dimiliki seorang ibu yang memiliki anak usia balita. Oleh karena itu taman penitipan anak saat ini dapat dijadikan salah satu tempat alternatif bagi kedua orang tua yang sibuk bekerja dalam urusan pengasuhan, perawatan, dan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengelolaan pendidikan TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana, (2) mengetahui bentuk layanan TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pengasuhan TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Lokasi penelitian ini berada di TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana. Subjek penelitian ini adalah pengurus dan pengasuh lembaga sosial TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana. Metode analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan pendidikan TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembuatan kegiatan pembelajaran, model pembelajaran, dan sarana prasarana yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (2) bentuk layanan TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana meliputi layanan pengasuhan, pendidikan, dan kesehatan (3) faktor penghambat dalam pengasuhan TPAIT Abu Bakar Ash Shidiq Juwana yaitu kurangnya tenaga pengasuh dan tidak adanya fasilitas kulkas untuk penyimpanan ASI eksklusif sedangkan faktor pendukungnya yaitu letak TPA yang strategis, biaya penitipan yang terjangkau, dan hubungan komunikasi baik yang terjalin antar pengasuh dengan anak maupun dengan orang tuanya. Saran penelitian ini yaitu (1) bagi pihak lembaga diharapkan mampu mempertimbangkan pengelolaan pendidikan dan layanan pengasuhan yang sesuai kebutuhan anak usia dini dengan memperhatikan tingkat kualifikasi pendidikan para pengasuh agar sesuai dengan bidangnya atau dapat memberikan fasilitas para pengasuh untuk mengikuti pelatihan dasar pendidikan anak usia dini, (2) bagi masyarakat khususnya orang tua yang keduanya sibuk dalam pekerjaan untuk bisa memiliki waktu terhadap anak dalam menjalankan fungsi-fungi sebuah keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan, Pengelolaan, Taman Penitipan Anak.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:50
Last Modified: 03 Sep 2020 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38838

Actions (login required)

View Item View Item