HIDUP BERSAMA SAPI: PERILAKU BETERNAK PADA MASYARAKAT PEDESAAN


Meiviani Mulia Rahmawati , 3401412095 (2019) HIDUP BERSAMA SAPI: PERILAKU BETERNAK PADA MASYARAKAT PEDESAAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HIDUP BERSAMA SAPI: PERILAKU BETERNAK PADA MASYARAKAT PEDESAAN] PDF (HIDUP BERSAMA SAPI: PERILAKU BETERNAK PADA MASYARAKAT PEDESAAN) - Published Version
Download (490kB)

Abstract

Beternak sapi adalah salah satu pekerjaan sampingan bagi masyarakat yang tinggal di desa, lebih tepatnya di Desa Kumesu Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Tidak hanya menggantungkan hidup bertani dan berkebun saja, masyarakat juga menggantungkan hidup dalam bidang peternakan. Bidang peternakan sendiri merupakan kegiatan membudidayakan hewan ternak untuk diambil manfaat hasilnya. Bagi masyarakat desa Kumesu sapi tidak hanya di tempatkan sebagai ternak, tetapi juga sebagai tabungan. maka dari itu, tidak mengherankan apabila keberadaan sapi menjadi amat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perilaku masayarakat dalam memelihara hewan ternak di Desa Kumesu, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang; (2) Mengetahui hubungan masyarakat yang memelihara sapi dan tidak memelihara sapi di Desa Kumesu, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun lokasi penelitian berada di Desa Kumesu, Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data mencakup analisis data sebelum dilapangan dan analisis data selama dilapangan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masyarakat di Desa Kumesu sapi dijadikan sebagai tabungan, sapi akan dijual pada saat ada kebutuhan, terutama dalam hal keuangan. Memelihara sapi merupakan pekerjaan sampingan dan dirasa dapat dijadikan suatu pekerjaan yang menghasilkan pemasukan yang cukup dalam pemenuhan kebutuhan. (2) Bagi sebagian masayarakat Desa Kumesu hewan ternak seperti sapi, merupakan sesuatu hal yang sangat berharga, terutama bagi petani dan juga peternak sapi tersebut. Bahkan para peternak juga sudah menganggap hewan sapi tersebut seperti anggota keluarganya sendiri. Saran penelitian: Untuk lebih mengembangkan peternakan peternakan sapi sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat di daerah pedasaan, maka penting untuk lebih meningkatkan kerjasama antara peternak dan pemerintah dalam melakukan pembinaan dan pelatihan agar usaha peternakan sapi dapat lebih maju.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Beternak Sapi, Masyarakat, Perilaku
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:47
Last Modified: 03 Sep 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38837

Actions (login required)

View Item View Item