LATAR BELAKANG PEMILIHAN JEPANG DAN KOREA SEBAGAI NEGARA TUJUAN TKI (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kabupaten Sragen)


Dwi Yuliati , 3401412069 (2019) LATAR BELAKANG PEMILIHAN JEPANG DAN KOREA SEBAGAI NEGARA TUJUAN TKI (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kabupaten Sragen). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of LATAR BELAKANG PEMILIHAN JEPANG DAN KOREA SEBAGAI NEGARA TUJUAN TKI (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kabupaten Sragen)] PDF (LATAR BELAKANG PEMILIHAN JEPANG DAN KOREA SEBAGAI NEGARA TUJUAN TKI (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kabupaten Sragen)) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam dunia ketenagakerjaan di Indonesia, salah satu permasalahan tersebut yaitu terdapat ketidakcocokan keterampilan dengan kesempatan kerja yang ada, dimana terdapat tenaga kerja berlebih pada jenjang pendidikan SLTP dan SLTA. Pemerintah kemudian memberikan solusi dengan menyediakan peluang kerja menjadi TKI. Negara Jepang dan Korea menjadi negara favorit tujuan TKI pada masyarakat di Desa Wonorejo, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Menjadi TKI Jepang dan Korea di samping memperoleh gaji yang tinggi namun memiliki resiko kerja yang tinggi serta harus melalui melalui persyaratan rumit dan persaingan yang ketat, namun antusias masyarakat di Desa Wonorejo untuk menjadi TKI di Negara Jepang dan Korea tetap tinggi. Tujuan penelitian: (1) mengetahui profil TKI Jepang dan Korea di Desa Wonorejo, (2) mengetahui faktor- faktor yang melatarbelakangi masyarakat di Desa wonorejo menjadi TKI Jepang dan Korea. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan teori pilihan rasional James S. Coleman. Lokasi penelitian di Desa Wonorejo, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Informan utama dalam penelitian ini mantan TKI Jepang dan Korea, sedangkan informan pendukung keluarga TKI, aparat desa, serta Pendiri LPK Fujisan Plus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Masyarakat di Desa Wonorejo yang menjadi TKI ke Jepang dan Korea semuanya adalah laki- laki, rata- rata usia mereka 18-35 tahun, Rata- rata tingkat pendidikan yaitu SMA/SMK dan Perguruan Tinggi, Berdasarkan status perkawinan lebih banyak yang berstatus belum kawin. 2) Faktor yang melatarbelakangi masyarakat di Desa Wonorejo menjadi TKI di Negara Jepang dan Korea terdapat 2 hal yaitu, ( 1) Adanya faktor pendorong dari daerah asal yaitu faktor ekonomi, mencari pengalaman kerja serta mencari modal untuk membuka usaha, serta dorongan keluarga. (2) Adanya faktor penarik di Negara tujuan yaitu berupa, Gaji yang tinggi yang diberikan di Negara Jepang dan Korea, serta pengaruh teman, tetangga, atau kerabat dekat yang banyak menjadi TKI di Negara Jepang dan Korea Saran Perlu diadakannya kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi mantanTKI khususnya bagi usaha ekonomi kreatif dan produktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang, Pilihan Rasional, TKI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:45
Last Modified: 03 Sep 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38836

Actions (login required)

View Item View Item