IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI DI MA KETERAMPILAN AL IRSYAD GAJAH DEMAK


Cholifatul Badriyah , 3401412184 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI DI MA KETERAMPILAN AL IRSYAD GAJAH DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI DI MA KETERAMPILAN AL IRSYAD GAJAH DEMAK] PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI DI MA KETERAMPILAN AL IRSYAD GAJAH DEMAK) - Published Version
Download (666kB)

Abstract

Menghadapi era globalisasi, pemerintah berupaya meningkatkan pengembangan pendidikan formal tingkat SMK dengan program “SMK BISA!” pada tahun 2009. Slogan tersebut merubah pandangan masyarakat bahwa lulus SMK bisa langsung kerja. Animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di SMK meningkat. Muncul kekhawatiran lembaga pendidikan MA akan tersingkir dari persaingan global. Melihat kenyataan tersebut MA Keterampilan Al Irsyad Gajah, Demak yang saat itu masih bersatus reguler memutuskan untuk mengimplementasikan pendidikan vokasi dalam kurikulumnya. Tujuan penelitian: (1) mengetahui bagaimana implementasi pendidikan vokasi di Maiga, (2) mengetahui hambatan yang dialami madrasah dalam mengimplementasikan pendidikan vokasi, (3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh Maiga dalam menghadapai kendala implementasi pendidikan vokasi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif kemudian dikaji menggunakan teori fungsionalisme-struktural dan skema AGIL dari Talcott Parsons. Penelitian ini berlokasi di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah, Demak. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, guru pengampu mata pelajaran vokasi, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pendidikan vokasi di Maiga merupakan adaptasi model pembelajaran vokasi di SMK yang kemudian di tambahkan ke dalam kurikulum madrasah dan pelaksanaanya disesuaikan dengan kondisi madrasah, (2) hambatan yang dialami dalam upaya implementasi pendidikan vokasi di Maiga yaitu keterbatasan sarpras, kurangnya perusahaan rekanan untuk tempat magang siswa, dan rekrutmen tenaga pendidik otomotif, (3) Maiga sebagai sebuah sistem mengembangkan mekanisme penyelesaian hambatan agar tidak menggangu integrasi dan keteraturan sistem dalam mencapai tujuan implementasi pendidikan vokasi diantaranya yaitu mengajukan bantuan sarana prasarana pendidikan pada pemerintah, memperluas jaringan kerjasama, dan menggelar magang mandiri. Saran penelitian: MA Keterampilan Al Irsyad Gajah membuat badan usaha komersil terkait dengan lima mata pelajaran vokasi untuk melatih kemampuan berwirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Vokasi, Madrasah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:37
Last Modified: 03 Sep 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38833

Actions (login required)

View Item View Item