PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN AIR SUNGAI ANAK KALI GEDE (Studi kasus di Desa Panongan Kec. Palimanan Kab. Cirebon)


Anggun luthfiah Mardhotillah , 3401412106 (2019) PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN AIR SUNGAI ANAK KALI GEDE (Studi kasus di Desa Panongan Kec. Palimanan Kab. Cirebon). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN AIR SUNGAI ANAK KALI GEDE (Studi kasus di Desa Panongan Kec. Palimanan Kab. Cirebon)] PDF (PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN AIR SUNGAI ANAK KALI GEDE (Studi kasus di Desa Panongan Kec. Palimanan Kab. Cirebon)) - Published Version
Download (773kB)

Abstract

Anak Kali Gede yang melintasi beberapa Desa di wilayah Kecamatan Palimanan salah satunya Desa Panongan. Sungai ini dimanfaatkan oleh warga yang bermukim di sekitar aliran sungai. Kegiatan masyarakat dalam menggunakan air sungai untuk aktivitas sehari-hari menjadi suatu kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, sehingga menyebabkan ketergantungan masyarakat terhadap air sungai. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui pemanfaatan air Sungai Anak Kali Gede oleh masyarakt Desa Panongan., (2) Mengetahui faktor- faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat Desa Panongan masih menggunakan air Sungai Anak Kali Gede sebagai sarana MCK.(3) Mengetahui perilaku kesehatan masyarakat Desa Panongan dalam memanfaatkan air Sungai Anak Kali Gede Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan teori perilaku kesehatan L.Green. Penelitian ini berlokasi di Desa Panongan, Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna air sungai, aparat Desa Panongan dan petugas puskesmas Kepuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasidan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) masyarakat memanfaatkan air sungai untuk aktivitas mandi, cuci, kakus dan pembuangan limbah rumah tangga (2) faktor-faktor perilaku kesehatan menurut L. Green yaitu predisposisi factor menyangkut tingkat pendidikan pengguna air sungai Anak Kali Gede lebih banyak berasal dari masyaraka dengan tingkat pendidikan SD dan SMP, budaya menggunakan air sungai, pengetahuan lokal mengenai ciri-ciri air sungai yang bersih dan sikap masyarakat mengenai penggunaan air sungai, enambling factor menyangkut kurangnya ketersediaan sarana air bersih dan WC sehat, dan renforcing factor menyangkut kurangnya keterlibatan pemerintah dalam sosialisasi hidup sehat; (3) perilaku kesehatan masyarakat yaitu pemilihan waktu dalam memanfaatkan air sungai, proses penyaringan dan pengendapan air sungai sebelum dimanfaatkan, membilas barang dengan air PDAM atau sumur ketika menggunakan air sungai yang keruh. Saran Penulis Petugas kesehatan melakukan (1) penyuluhan tentang program STBM dan pendampingan dalam pelaksanaan program STBM pada masyarakat Desa Panongan. (2) Aparat Desa Panongan mengajak masyarakat yang belum memiliki jamban untuk ikut berperan aktif dalam program arisan jamban sehat. (3) Aparat Desa Panongan mengajukan keluhan mengenai limbah kepada Home Industri agar tidak membuang limbah produksi langsung ke sungai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kesehatan, Penggunaan Sungai,MCK
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:30
Last Modified: 03 Sep 2020 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38831

Actions (login required)

View Item View Item