Komparasi Hasil Belajar Antara Siswa yang Diberi Metode TGT (Teams Games Tournament) dengan STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas X Pokok Bahasan Hidrokarbon.

Ani Kurniasari, 4301402022 (2006) Komparasi Hasil Belajar Antara Siswa yang Diberi Metode TGT (Teams Games Tournament) dengan STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas X Pokok Bahasan Hidrokarbon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Komparasi Hasil Belajar Antara Siswa yang Diberi Metode TGT (Teams Games Tournament) dengan STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas X Pokok Bahasan Hidrokarbon.) - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Kurniasari, Ani.2006. Komparasi Hasil Belajar Antara Siswa yang Diberi Metode TGT (Teams Games Tournament) dengan STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas X Pokok Bahasan Hidrokarbon. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Warlan Sugiyo, MSi, II. Dra. Murbangun Nuswowati, MSi. Kata kunci: Komparasi, Metode TGT, Metode STAD, Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar, dimana dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu antara lain pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. Dari hal tersebut muncul permasalahan, ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar kimia pokok bahasan hidrokarbon yang pembelajarannya menggunakan metode TGT dan STAD pada siswa kelas X semester genap SMA N 1 Ungaran Tahun Pelajaran 2005/2006. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ungaran Tahun Pelajaran 2005/ 2006, kecuali kelas X-1 dan X-2 yang merupakan kelas imersi. pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, dari 7 diambil 1 kelas sebagai kelas TGT dan 1 kelas sebagai kelas STAD. Hasil analisis tahap akhir dibagi menjadi 3 tahap, analisis aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Pada aspek kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas TGT adalah 76,05, sedangkan kelas STAD sebesar 70,13. Hasil analisis diperoleh thitung sebesar 2,992 > ttabel (1,99) yang berarti Ho ditolak yang berarti ada perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara kelas TGT dan STAD. Analisis aspek afektif diperoleh nilai rata-rata kelas TGT adalah 73,5 (tinggi). Sedang kelas STAD adalah 64,0 (sedang). Dengan uji Mann-Whitney U-test diperoleh Zhitung sebesar-21,497. Sedangkan nilai Ztable dengan a = 5%adalah ± 1,96. Kriteria pengujian adalah terima Ho jika –Ztabel < Z<Z table, sehingga Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan hasil belajar aspek afektif antara kelas TGT dan STAD. Sedangkan pada psikomotorik diperoleh nilai rata-rata kelas TGT adalah 74,6 (tinggi), sedangkan kelas STAD adalah 68,8 (tinggi). Harga Zhitung sebesar -13,742. sedangkan nilai Ztable dengana = 5%adalah ± 1,96, sehingga Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik antara kelas TGT dan STAD. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia pokok bahasan Hidrokarbon dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe TGT dan STAD pada siswa kelas X semester II SMA N 1 Ungaran tahun pelajaran 2005/2006 dan metode TGT memberikan hasil yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Komparasi, Metode TGT, Metode STAD
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 04 Sep 2011 20:45
    Last Modified: 04 Sep 2011 20:45

    Actions (login required)

    View Item