PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMA N 1 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA
Arum Rahmawati , 3301415047 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMA N 1 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SMA N 1 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA)
- Published Version
Download (982kB) |
Abstract
Lingkungan dapat mengalami suatu perubahan akibat adanya pencemaran lingkungan, hal ini menunjukkan bahwa masih rendahnya tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan hidup. Maka dirasa perlu adanya pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup pada program adiwiyata yang dilaksanakan di SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup pada program adiwiyata di SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara; 2) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup pada program adiwiyata di SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara, Jalan Raya Nalumsari No. 2, area sawah, Gemiring Lor Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini meliputi: kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarpras, guru PPKn, guru PLH, dan siswa perwakilan kelas X, XI, XII. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan (Miles, 2009:15-16). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup pada program adiwiyata melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dalam kurikulum berbasis lingkungan dan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; 2) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup pada program adiwiyata di SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara berasal dari internal dan eksternal sekolah, faktor pendukung internal yakni komitmen dari warga sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup. Adapun faktor pendukung eksternal yakni dukungan pihak luar terhadap sekolah. Sedangkan faktor penghambat internal yakni kendala proses adaptasi perubahan kurikulum KTSP 2006 ke kurikulum 2013 dalam menanamkan pendidikan karakter tanggung jawab siswa terhadap lingkungan hidup. Adapun faktor penghambat eksternal yakni berasal dari kurangnya kesadaran masyarakat sekitar (penjual makanan di depan area sekolah). Saran yang diberikan penulis yaitu: perlu adanya monitoring dari seluruh warga sekolah mengenai pelaksanaan program adiwiyata di SMA N 1 Nalumsari Kabupaten Jepara serta dari pemerintah selain memberikan pendampingan juga perlu memberikan bantuan pendanaan bagi sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Program Adiwiyata, Tanggung Jawab Siswa Terhadap Lingkungan Hidup |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 13:05 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 13:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38825 |
Actions (login required)
View Item |