PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS FABEL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER JAWA KELAS II SD NEGERI SARIREJO SEMARANG


DEVY WIDIYANINGSIH , 2601414027 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS FABEL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER JAWA KELAS II SD NEGERI SARIREJO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601414103.pdf] PDF - Published Version
Download (902kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa memuat berbagai macam kompetensi dasar salah satunya memahami teks fabel ragam ngoko untuk siswa kelas II Sekolah Dasar (SD). Kompetensi tersebut belum dicapai secara maksimal oleh siswa kelas II SD Negeri Sarirejo Semarang. Hal itu dikarenakan terbatasnya buku pengayaan bahasa Jawa menjadi faktor rendahnya minat baca siswa dan kurangnya pengetahuan kosa kata bahasa Jawa. Keberadaan buku pengayaan bahasa Jawa masih sangat langka, khususnya pada buku pengayaan kepribadian yang berkenaan dengan pembentukan karakter siswa. Salah satunya yang perlu ditanamkan kepada siswa yaitu pendidikan karakter Jawa berdasarkan nilai-nilai etika Jawa yaitu kaidah rukun dan hormat. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan buku pengayaan teks fabel berbasis pendidikan karakter Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan buku pengayaan teks fabel berbasis pendidikan karater Jawa kelas II SD Negeri Sarirejo Semarang, (b) mendeskripsikan prototipe pengembangan buku pengayaan teks fabel berbasis pendidikan karater Jawa kelas II SD Negeri Sarirejo Semarang dan (c) mendiskripsikan hasil validasi ahli mengenai prototipe pengembangan buku pengayaan teks fabel berbasis pendidikan karater Jawa kelas II SD Negeri Sarirejo Semarang. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan dan analisis data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi desain. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, pedoman wawancara guru, angket kebutuhan siswa dan guru, serta angket uji ahli. Proses validasi data dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini adalah siswa dan guru membutuhkan bahan ajar berupa buku pengayaan pembelajaran memahami isi teks fabel ragam ngoko. Buku tersebut berjudul Crita Fabel dengan lima judul cerita yaitu Kancil sing Jujur, Kekancane Semut lan Walang, Tetulung marang Sapadha, Kethek sing Kurang Prayitna, Njagani Alas. Buku tersebut berukuran A5 (21 cm x 15 cm) dengan desain full colour. Setelah buku tersebut disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli. Berdasarkan uji ahli media materi dan media, buku pengayaan teks fabel berbasis pendidikan karakter Jawa sudah baik, namun terdapat beberapa perbaikan seperti diksi, penyederhanaan judul dan perbaikan warna tulisan pada judul buku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, fabel, pendidikan karakter Jawa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Sep 2020 12:50
Last Modified: 03 Sep 2020 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38823

Actions (login required)

View Item View Item