Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Nata de Pina pada Pembelajaran Materi Bioteknologi di SMP Negeri 1 Parakan


Mufidatul Khasanah , 4401406590 (2011) Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Nata de Pina pada Pembelajaran Materi Bioteknologi di SMP Negeri 1 Parakan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Nata de Pina pada Pembelajaran Materi Bioteknologi di SMP Negeri 1 Parakan]
Preview
PDF (Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Nata de Pina pada Pembelajaran Materi Bioteknologi di SMP Negeri 1 Parakan) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 1 Parakan diketahui bahwa pembelajaran bioteknologi menggunakan metode ceramah. Kurangnya variasi metode pembelajaran menyebabkan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah penerapan metode praktikum pembuatan nata de pina. Penerapan pembelajaran ini melibatkan siswa dalam berbagai aktivitas belajar seperti diskusi, praktikum serta siswa dapat mengembangkan sejumlah keterampilan proses sains. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui hasil penerapan metode praktikum pembuatan nata de pina. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parakan pada kelas IX Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam ini adalah seluruh siswa kelas IX yaitu kelas IX-1 sampai IX-6, adapun sampelnya adalah siswa kelas IX-5 dan kelas IX-6. Rancangan penelitiannya adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Shoot – Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian aktivitas siswa saat praktikum pada kelas IX-5 dan IX-6 menunjukkan seluruh siswa mencapai aktivitas dengan kriteria baik dan baik sekali. Aktivitas siswa saat diskusi mencapai ketuntasan sebesar 93,74% untuk kelas IX-5 dan 95,83% untuk kelas IX-6. Penilaian Keterampilan proses sains pada kelas IX-5 dan IX-6 menunjukkan bahwa seluruh siswa mencapai keterampilan proses sains dengan kriteria baik dan baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian aktivitas dan keterampilan proses sains telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥ 75% siswa mempunyai aktivitas dan keterampilan proses sains dengan kriteria baik. Hasil belajar seluruh siswa dari kedua kelas telah mencapai KKM yang telah ditentukan di SMP Negeri 1 Parakan yaitu ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode praktikum pembuatan nata de pina dapat diterapkan pada materi bioteknologi yang ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan yaitu ≥75% siswa mempunyai aktivitas dan keterampilan proses sains dengan kriteria baik dan ≥ 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75 sesuai KKM di SMP Negeri 1 Parakan. Saran yang dapat disampaikan peneliti yaitu metode praktikum pembuatan nata de pina perlu dikembangkan pada konsep lain yang memiliki permasalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktikum, Nata de Pina, Bioteknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2011 00:46
Last Modified: 25 Apr 2015 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item