PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEYBOARD DI SMP NEGERI 3 SINGOROJO KABUPATEN KENDAL


Arif Setiawan , 2501415168 (2020) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEYBOARD DI SMP NEGERI 3 SINGOROJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501415168.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran keyboard dan faktor-faktor yang mempengaruhi pada pelaksanaan ekstrakurikuler musik di SMP Negeri 3 Singorojo. Dalam permasalahan tersebut peneliti akan mendeskripsikan secara rinci mengenai pembelajaran keyboard dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, display data, serta verivikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler keyboard di SMP Negeri 3 Singorojo menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan drill. Pembelajaran ekstrakurikuler keyboard di SMP Negeri 3 Singorojo cukup relevan, karena dapat menjawab tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh sekolah, yaitu dapat memperoleh bibit atau potensi siswa sehingga dapat memperlancar kegiatan yang ada di sekolah. Tetapi dalam penggunaan metode ceramah, demonstrasi dan drill pada pembelajaran ekstrakurikuler tersebut, hanya relevan pada saat guru menerangkan dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Dalam menggunakan metode drill kurang relevan, karena dengan keterbatasan alat menjadikan waktu berlatih materi lebih sedikit dibandingkan dengan waktu siswa saat menunggu giliran untuk melakukan latihan. Kemudian adalah faktor yang mempengaruhi pembelajaran keyboard, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi faktor internal yaitu: siswa dan guru, sedangkan faktor eksternal adalah keluarga. Faktor internal sangat berpengaruh besar, karena dengan semangat belajar yang kuat oleh siswa dan kreativitas yang dimiliki guru, menjadikan pembelajaran keyboard dapat mudah tercapai. Kemudian faktor penghambat pembelajaran keyboard meliputi: siswa, guru dan alat belajar. Dalam hal tersebut alat belajar menjadi masalah utama dalam tertundanya materi, karena siswa harus bergantian saat berlatih materi dan waktu pembelajaran menjadi berkurang. Saran yang bisa diberikan yang pertama yaitu kepada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler agar lebih giat latihan supaya mudah ketika menggabungkan melodi dan akor pada setiap materi lagu. Saran kedua yang dapat diberikan pada guru pengajar ekstrakurikuler keyboard adalah menambah materi yang lebih sulit lagi pada pertemuan selanjutnya agar siswa dapat tertantang untuk lebih serius dan giat dalam belajar. Saran ketiga yang dapat diberikan pada sekolah adalah menambah alat keyboard, agar pelaksanaan kegiatan waktunya lebih evesien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode, pembelajaran keyboard.
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:52
Last Modified: 03 Sep 2020 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38799

Actions (login required)

View Item View Item