ESTETIKA BENTUK PERTUNJUKAN TARI ANGGUK PUTRI DI PAGUYUBAN ARUM DALU DESA SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Nurul Koliliyah , 2501415008 (2020) ESTETIKA BENTUK PERTUNJUKAN TARI ANGGUK PUTRI DI PAGUYUBAN ARUM DALU DESA SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501415008.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Estetika Bentuk Pertunjukan Tari Angguk Putri terdapat pada musik yang dimainkan menimbulkan kesan gembira, serta dilihat dari pemakaian busana, tata rias wajah, aksesoris dan penampilan diatas panggung. Peneliti mengkaji bagaimana estetika bentuk pertunjukan yang ada pada Tari Angguk Putri di Paguyuban Arum Dalu Sentolo Kulon Progo. Tujuan penelitian Tari Angguk Putri adalah dapat mendeskripsikan dan menginterpretasikan Estetika Bentuk Pertunjukan. Penelitian Estetika Bentuk Pertunjukan Tari Angguk Putri menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan Koreografis untuk memperoleh gambaran tentang aspek koreografi yaitu elemen tari dan pendukung pertunjukan dari sisi Etik dan Emik. Data dicari melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukan bahwa Estetika Bentuk Pertunjukan Tari Angguk Putri dilihat dari sisi bentuk pertunjukan terdapat pola pertunjukan yang terdiri dari Salam pembuka , inti, dan penutup. Elemen pertunjukan Tari Angguk Putri terdiri dari (tema, gerak, tata rias wajah, tata busana, iringan, penari, tata teknik pentas, properti). Estetika Bentuk Pertunjukan Tari Angguk Putri menggambarkan kehidupan masyarakat Kulon Progo yang sopan santun, heroik sekaligus tegas. Simpulan dari penelitian Estetika Bentuk Pertujukan Tari Angguk Putri yaitu salah satu Tari Kerakyatan yang dapat dilihat keindahannya melalui bentuk pertunjukan, terdiri dari pola pertunjukan dan elemen pertunjukan. Saran bagi Paguyuban Arum Dalu, menambah koleksi kostum Tari Angguk Putri yang berwarna hijau. Menambah jadwal latihan rutin di Paguyuban Arum Dalu setiap hari minggu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pertunjukan, Estetika, Tari Angguk Putri
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Sep 2020 00:53
Last Modified: 03 Sep 2020 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38788

Actions (login required)

View Item View Item