PENGARUH MINAT SISWA KELAS VIII TERHADAP MUSIK GAMBANG SEMARANG DENGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DI SMP KARANGTURI SEMARANG


Dwi Satrio Teguh Santoso, 2501413050 (2020) PENGARUH MINAT SISWA KELAS VIII TERHADAP MUSIK GAMBANG SEMARANG DENGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DI SMP KARANGTURI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413050.pdf] PDF - Published Version
Download (699kB)

Abstract

Minat adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap suatu objek disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan lebih lanjut objek tertentu Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat siswa terhadap musik gambang semarang, hasil belajar musik gambang semarang, pengaruh minat musik gambang semarang terhadap hasil belajar seni musik siswa, pengaruh minat musik gambang semarang terhadap hasil belajar siswa di SMP Karangturi. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tenik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, dan koefisien determinasi(R2 ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 35 responden memiliki minat belajar termasuk dalam kategori sangat baik, 35 responden memiliki hasil belajar termasuk dalam kategori baik, 26 responden memiliki minat belajar termasuk dalam kategori cukup. Indeks persentasi minat belajar sebesar 36,46% dan termasuk dalam kategori baik. Responden yang memiliki hasil belajar dengan kategori tuntas sebanyak 31 responden sebesar 32,29% dan 36 responden memiliki hasil belajar termasuk dalam kategori tidak baik sebesar 67,71% dan Pengaruh minat musik gambang semarang terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas VIII di SMP Karangturi Semarang adalah 27,5 %. Minat siswa akan musik berpengaruh terhadap hasil belajar karena apabila siswa tersebut tidak berminat terhadap bidang tersebut, tentu saja tidak akan membantu dalam perolehan hasil yang baik. Saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini ditujukan pada guru musik agar mengadakan workshop musik gambang semarang sedangkan saran bagi siswa seni musik agar dapat lebih bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran seni musik khususnya musik gambang semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat, seni musik, musik gambang semarang, hasil belajar
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Sep 2020 00:33
Last Modified: 03 Sep 2020 00:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38784

Actions (login required)

View Item View Item