PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI NAMASKAR MUSIC EDUCATION DI BANYUMANIK


Ekki Arbayu Wibisono , 2411415068 (2020) PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI NAMASKAR MUSIC EDUCATION DI BANYUMANIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411415068.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Media promosi merupakan sebuah sarana untuk menyebarkan informasi serta mempengaruhi dan membujuk suatu target pasar untuk kepentingan suatu produk. Namaskar Music Education merupakan sekolah musik di Semarang yang berdiri di tahun 2019. Di Semarang terdapat beberapa sekolah musik yang menjadi saingan Namaskar Music Education. Sebagai sekolah musik yang baru Namaskar Music Education memerlukan sebuah media untuk mempromosikan dan menunjukan keunggulannya.ke target pasar yaitu siswa SMP hingga mahasiswa. Salah satu upayanya yaitu melakukan promosi secara online. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan sebuah video profil yang berisikan latar belakang, kegiatan dan keunggulan dari Namaskar Music Education, sehingga dapat menarik minat untuk belajar bermusik di sekolah musik ini. Perancangan video profil ini sesuai melalui beberapa proses, dengan urutan proses preliminary plan, pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Video profil ini terdiri dari 8 sequence dengan total keseluruhan video berdurasi 5 menit 49 detik. Aspek teknik, aspek estetis dan aspek komunikasi menjadi cakupan untuk menganalisis video profil ini. Video profil tersebut mencakup tujuan pesan informatif dengan daya tarik pesan kombinasi antara daya tarik informatif/rasional dan positif/rasional. Sedangkan gaya pesan dalam video profil ini menggunakan gaya pesan kombinasi suasana atau citra, slice of life, keahlian teknis dan bukti kesaksian (testimonial evidence). Hal tersebut diwujudkan dalam bahasa rupa big close up, close up, medium close up, medium shot, long shot dan over shoulder shot dengan sudut pandang wajar serta penggambaran naturalis, yang mendominasi dalam setiap sequence maupun scene. Selain itu tata ungkap dalam video profil ini sebagai upaya menyatakan ruang menggunakan alih gerak kamera, alih slow-motion, depth of field dan komposisi rule of third. Video profil ini sesuai dengan strategi promosi periklanan sebagai upaya menginformasi, memperkenalkan serta mempersuasi serta berkomunikasi dengan penonton melalui pesan yang terkandung dalam video profil tersebut. Strategi selanjutnya adalah menggunakan strategi promosi penjualan yakni dengan mempublikasi dan mempromosikan video profil ini secara online melalui media sosial yaitu Instagram dan Youtube Dengan adanya perancangan video profil ini, diharapkan dapat digunakan sebagai nilai tambah dari Namaskar Music Education serta mampu memberikan informasi serta mempersuasi masyarakat di Semarang untuk belajar bermusik di Namaskar Music Education

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Video Profil, Media Promosi, Sekolah Musik, Namaskar Music Education, Semarang
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Sep 2020 00:26
Last Modified: 03 Sep 2020 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38782

Actions (login required)

View Item View Item