EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN YSKI SEMARANG


Nida Hanifah, 2404414027 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN YSKI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404414027.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu hal terpenting dalam mempelajari bahasa Mandarin di sekolah, karena tata bahasa Mandarin yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia dan terdapat beberapa nada yang masing-masing memiliki arti berbeda. Berdasarkan pengamatan di kelas VIII, peneliti menemukan beberapa kendala, yaitu siswa mengeluh dan merasa bosan karena mengalami kesulitan belajar. Selain itu, ketika guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa, hanya sedikit siswa yang dapat menjawabnya, sedangkan yang lain cenderung pasif. Mereka hanya menerima materi yang diajarkan oleh guru meskipun belum memahami kesimpulan dari materi yang telah disampaikan. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca juga disebabkan karena metode yang diterapkan oleh guru adalah metode ceramah serta rendahnya minat membaca siswa. Pembelajaran kooperatif course review horay merupakan salah satu tipe pembelajaran yang menekankan setiap peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif course review horay dan 2) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap keterampilan membaca bahasa Mandarin pada siswa kelas VIII SMP Kristen YSKI Semarang. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi experimental design (pretest-posttest control group design) dan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil analisis data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 13,48 dan nilai rata-rata kelas kontrol 13,19. Sedangkan untuk data posttest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 16,04 dan nilai rata-rata kelas kontrol 14,48 Analisis hasil tes berdasarkan perhitungan wilcoxon dengan taraf kesalahan 5% (α=0,05) untuk N=23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti model kooperatif tipe course review horay efektif terhadap peningkatan keterampilan membaca mata pelajaran bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Kristen YSKI Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, course review horay, keterampilan membaca, bahasa mandarin
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 23:45
Last Modified: 02 Sep 2020 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38776

Actions (login required)

View Item View Item