PEMBELAJARAN RAGAM HIAS FLORA PADA BAHAN TEKSTIL TOTEBAG SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 14 SEMARANG


Wisnu Cahyo Purnomo, 2401413028 (2020) PEMBELAJARAN RAGAM HIAS FLORA PADA BAHAN TEKSTIL TOTEBAG SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401413028.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran ragam hias flora pada bahan tekstil Totebag pada saat ini masih sangat jarang dilaksanakan. Peneliti bertujuan membahas dua permasalahan, yaitu (1) Bagaimana proses pembelajaran ragam hias flora pada bahan tekstil Totebag siswa kelas VIIA SMP Negeri 14 Semarang, (2) Bagaimana hasil kreasi karya ragam hias flora pada bahan tekstil Totebag yang dihasilkan siswa kelas VIIA SMP Negeri 14 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data melalui teknik triangulasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut. Pertama, proses pelaksanaan pembelajaran pembuatan ragam hias flora dengan bahan tekstil Totebag yang dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 14 Semarang berlangsung melalui rangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Peserta didik menunjukkan minat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran menghias Totebag dengan ragam hias flora dalam berkarya ornamen. Pengetahuan siswa pada objek-objek flora yang sudah tidak asing lagi disekitar lingkungan mereka, memudahkan siswa dalam berkarya. Pembelajaran berkarya ornamen sudah dilakukan variasi media. Media yang biasanya kertas dan sekarang guru sudah menerapkan media bahan tekstil Totebag. Kedua, pembelajaran menghias Totebag menghasilkan 64 karya dari 32 siswa, yang masing-masing membuat 2 karya. Aspek penilaian keterampilan dan penilaian sikap siswa. Total nilai pembelajaran 2479,2 dengan rata-rata 77,5 dan masuk dalam kategori baik. Saran bagi guru, perlu diperhatikan dengan teliti dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), baik dalam segi penulisan, penyusunan, maupun penerapan dalam pembelajaran. Untuk SMP Negeri 14 Semarang, supaya memaksimalkan kegunaan dari ruang seni yang tersedia dengan disesuaikan kegiatan berkreasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ragam hias , media berkarya, menghias Totebag
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 23:42
Last Modified: 02 Sep 2020 23:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38775

Actions (login required)

View Item View Item