PEMBELAJARAN BERKARYA SENI LUKIS DENGAN PENDEKATAN EMOSI MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS 6 SLB NEGERI MANDIRAJA


Tri Wahyuningsih , 2401413010 (2020) PEMBELAJARAN BERKARYA SENI LUKIS DENGAN PENDEKATAN EMOSI MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS 6 SLB NEGERI MANDIRAJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401413010.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis pembelajaran berkarya seni lukis dengan pendekatan emosi menggunakan berbagai media yang dilakukan oleh siswa tunagrahita. Secara metodologis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian adalah proses dan hasil karya seni lukis menggunakan berbagai media. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita kelas 6 SLB Negeri Mandiraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui prosedur reduksi data, penyajian, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran berkarya seni lukis yang dilakukan oleh setiap siswa memiliki kendala tersendiri namun ekspresi dan pengalaman siswa semakin meningkat seiring dengan penggunaan media yang beragam. Kedua, karya yang dihasilkan semakin spontan, keberanian dalam mewujudkan ungkapan emosi semakin meningkat seiring penggunaan media yang semakin bervariasi. Saran yang diberikan adalah guru perlu mengikuti pelatihan, membaca buku pengetahuan tentang seni lukis atau menambah pengetahuan melalui internet terkait dengan seni lukis dan berbagai macam media berkarya yang inovatif agar guru dapat meningkatkan keahliannya dalam bidang seni rupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Berkarya Seni Lukis, Berbagai Media, Siswa Tunagrahita
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 23:38
Last Modified: 02 Sep 2020 23:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38774

Actions (login required)

View Item View Item