PANDANGAN DUNIA DAN IMPIAN TOKOH “JE” DALAM ROMAN MÉMOIRE D’UN FOU KARYA GUSTAVE FLAUBERT: KAJIAN HERMENEUTIKA WILHEM DILTHEY


PUJI RAHMAWATI , 2311415048 (2020) PANDANGAN DUNIA DAN IMPIAN TOKOH “JE” DALAM ROMAN MÉMOIRE D’UN FOU KARYA GUSTAVE FLAUBERT: KAJIAN HERMENEUTIKA WILHEM DILTHEY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311415048.pdf] PDF - Published Version
Download (974kB)

Abstract

Mémoire d’un Fou adalah roman yang ditulis oleh Gustave Flaubert. Roman tersebut mengisahkan tentang pengalaman hidup tokoh Je yang mengalami kekecewaan dalam kehidupan sehingga ia memilih hidup dalam pikirannya yang membuat dirinya berbeda dengan orang lain. Roman tersebut juga menceritakan pandangan dunia dan impian tokoh Je. Peneliti menggunakan teori hermeneutika Wilhem Dilthey dalam menganalisis roman Mémoire d’un Fou. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pandangan dunia dan impian tokoh Je dalam roman tersebut. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis roman Mémoire d’un Fou. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi laten dan komunikasi. Berdasarkan 3 cara dalam hermeneutika Wilhem Dilthey yaitu Erlebnis (pengalaman), Ausdruck (ungkapan) dan Verstehen (pemahaman), interpretasi mengenai ungkapan pandangan dunia dan impian tokoh Je tidak dapat dipisahkan dari pengalamannya karena ungkapan merupakan hasil dari pencurahan pikiran dan perasaan individu berdasarkan pengalamannya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, khususnya Program Studi Sastra Prancis untuk memahami serta melakukan penelitian terkait karya sastra dengan menggunakan teori Hermeneutika Wilhem Dilthey.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mémoire d’un Fou, Pandangan Dunia dan Impian, Hermeneutika Wilhem Dilthey.
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 23:12
Last Modified: 02 Sep 2020 23:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38770

Actions (login required)

View Item View Item