PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX : ASPEK PARTISIPASI DAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT GUNA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN JASMANI DI KOTA TEGAL


Nur Taufik Khanafi, 6102416034 (2020) PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX : ASPEK PARTISIPASI DAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT GUNA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN JASMANI DI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416034.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini terjadi karena belum adanya penelitian mengenai pembangunan olahraga apabila ditinjau dari (Sport Development Index) aspek partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat guna peningkatan kualitas pendidikan jasmani di Kota Tegal. Masalah yang ada di lapangan yaitu kualitas pendidikan jasmani masih perlu ditingkatkan, ketersediaan fasilitas untuk kegiatan berolahraga masih kurang maksimal dalam pemakaiannya, masyarakat masih beranggapan bahwa kemajuan olahraga diukur dari perolehan medali dalam suatu event, serta kurangnya fasilitas berlatih yang menyebabkan tinggi, sedang, dan rendahnya tingkat ketersediaan Partisipasi Olahraga serta rasio kebugaran jasmani. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan indeks Partisipasi Olahraga dan indeks Kebugaran Jasmani di Kota Tegal ditinjau dari Sport Development Index. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei melalui pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Tegal Barat, Kecamatan Selatan, dan Kecamatan Timur, Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling yaitu gabungan antara metode stratified random sampling dengan cluster sampling. Instrumen pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang yang terbagi dalam kelompok Anak-anak usia (7-14) tahun, Remaja usia (15-24) tahun, Dewasa usia (25-60) tahun. Pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Hasil penelitian: 1) Indeks Partisipasi Olahraga Kota Tegal di Kecamatan Tegal Barat 0.56666667 (Menengah), Tegal Selatan 0.53333333 (Menengah), dan Tegal Timur 0.56666667 (Menengah). 2) Indeks Kebugaran Jasmani Kota Tegal di Kecamatan Tegal Barat 0.512 (Menengah), Tegal Selatan 0.545 (Menengah), dan Tegal Timur 0.545 (Menengah). Simpulan Tingkat Partisipasi Olahraga dan Kebugaran Jasmani Masyarakat di Kota Tegal ditinjau dari Sport Development Index masih berada dalam kategori menengah. Saran yang diberikan peneliti yaitu: Pemerintah Kota Tegal hendaknya memperluas dan memfasilitasi sarana dan prasarana bagi masyarakat umum, sehingga terwujudnya partisipasi dari masyarakat dalam berolahraga, meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan jasmani, mengadakan program yang berkaitan dengan olahraga agar masyarakat lebih tertarik dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan olahraga yang diadakan oleh pemerintah Kota Tegal selain Car Free Day (CFD).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Kebugaran Jasmani, Sport Development Index
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Sep 2020 17:29
Last Modified: 02 Sep 2020 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38753

Actions (login required)

View Item View Item