PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA DI KABUPATEN BLORA


SUTRISNO, 6102416026 (2020) PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416026.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah mengkaji tingkat sumber daya manusia keolahragaan dan ketersediaan ruang terbuka olahraga di Kabupaten Blora ditinjau dari Sport Devlopment Index. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks sumber daya manusia keolahragaan dan ruang terbuka olahraga ditinjau dari Sport Devlopment Index. Metode yang digunakan adalah survei melalui pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Blora dengan sasaran penelitian di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Blora, Kecamatan Kunduran, dan Kecamatan Todanan. Instrumen pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, dan wawancara. Pengmpulan datanya meliputi luas wilayah penelitian, populasi penduduk, jumlah ruang terbuka olahraga, jumlah sumber daya manusia keolahragaan yang terdiri dari jumlah guru pendidikan jasmani, jumlah pelatih olahraga dan instrukur olahraga. Setelah itu di analisis dengan menggunakan Sport Devlopment Index dimensi ruang terbuka olahraga dan sumber daya manusia keolahragaan untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil Penelitian : 1) luas Kabupaten Blora adalah 1.820,59 Km2, 2) jumlah populasi penduduk usia 7 tahu keatas dari 3 Kecamatan adalah 211.770 jiwa, 3) jumlah sumber daya manusia keolahragan adalah 337 dari guru pendidikan jasmani 202 orang, pelatih olahraga 114 orang, dan instruktur olahraga 21 orang, 4) luas ruang terbuka olahraga adalah 207.069,01 m², 5) indeks sumber daya manusia keolahragaan sebesar 0,00071, dan 6) indeks ruang terbuka olahraga sebesar 0,28. Simpulan dalam penelitian ini adalah sumber daya manusia keolahragaan di Kabupaten Blora dalam kategori rendah, sedangkan ketersediaan ruang terbuka olahraga di Kabupaten Blora masuk dalam kategori rendah, untuk ruang terbuka olahraga belum memenuhi standar yang telah ditentuka olaheh Komite Olimpiade.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sport Devlopment Index, Sumber Daya Manusia, Ruang Terbuka Olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Sep 2020 17:25
Last Modified: 02 Sep 2020 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38752

Actions (login required)

View Item View Item