ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA DALAM PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX DI KABUPATEN KUDUS


Aan Ariani , 6102416022 (2020) ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA DALAM PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416022.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tingkat ketersediaan ruang terbuka olahraga dan ketersediaan sumber daya manusia dalam bidang olahraga di Kabupaten Kudus apabila ditinjau dari SDI (Sport Development Index). Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini bagaimana tingkat ketersediaan ruang terbuka olahraga dan ketersediaan sumber daya manusia dalam bidang olahraga di Kabupaten Kudus ditinjau melalui SDI (Sport Development Index). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan indeks ruang terbuka dan indeks sumber daya manusia dalam bidang olahraga di Kabupaten Kudus ditinjau dari SDI (Sport Development Index). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei melalui pendekatan kuantitatif. Lokasi Penelitian berada di Kabupaten Kudus. Subjek penelitian menggunakan sampel yaitu 3 Kecamatan dari 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus yaitu Kecamatan Dawe, Kecamatan Bae dan Kecamatan Jati. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan multistage random sampling yaitu gabungan antara metode stratified random sampling dengan cluster sampling. Intrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, interview atau wawancara dan pengambilan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis SDI. Hasil penelitian ini menunjukkan indeks ruang terbuka olahraga di Kabupaten Kudus sebesar 0,465 tergolong kategori rendah, dimana dalam penyediaan fasilitas olahraga belum cukup terpenuhi. Sedangkan indeks sumber daya manusia keolahragaan di Kabupaten Kudus sebesar 0,000971 tergolong kategori rendah, dimana belum menyeluruhnya sumber daya manusia keolahragaan di daerah yang diteliti. Simpulan tingkat ketersediaan ketersediaan sumber daya manusia dalam bidang olahraga dan ruang terbuka olahraga berdasarkan indeks pembangunan olahraga Kabupaten Kudus tergolong rendah di tinjau dari Sport Development Index (SDI). Saran untuk Pemerintah Kabupaten Kudus hendaknya lebih peduli terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga di daerah. Kepada Dinas terkait di Kabupaten Kudus dapat melakukan perencanaan program guna membina dan mengembangkan olahraga yang sudah ada, membangun dan memperbaiki fasilitas olahraga secara spesifik sesuai dengan potensi yang ada di daerah tersebut. Dan bagi masyarakat Kabupaten Kudus memanfaatkan dan merawat ruang terbuka olahraga yang sudah disediakan dengan rasa tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sport Development Index, Ruang Terbuka Olahraga, Sumber Daya Manusia
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Sep 2020 17:21
Last Modified: 02 Sep 2020 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38751

Actions (login required)

View Item View Item