PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT


Wegig Satyawada , 4101406027 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa masih merasa kesulitan dalam memahami konsep-konsep pada materi pelajaran yang bersifat abstrak. Geometri merupakan pelajaran yang bersifat abstrak, dan segi empat adalah materi yang terdapat dalam geometri. Oleh karena itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media permainan ular tangga. Dengan media permainan ular tangga ini diharapkan pembelajaran akan terasa menyenangkan sehingga membantu guru untuk mengoptimalkan pembelajarannya. Model pembelajaran ini digunakan dalam penelitian PTK dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran CPS berbantuan media permainan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang pada materi pokok segi empat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang pada materi pokok segi empat melalui penerapan model pembelajaran CPS berbantuan media permainan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Semarang. Rencana penelitian ini berupa prosedur kerja dalam suatu penelitian tindakan kelas yang ditempuh secara bertahap. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini dikatakn berhasil jika memenuhi indikator, yaitu telah mencapai ketuntasan individual sekurang-kurangnya 66% ditandai dengan pencapaian nilai akhir 66 dan satu kelas yang telah mencapai ketuntasan individual sekurang-kurangnya 85%. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 68,8 dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 75,1. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 80% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 90,32%, sedangkan persentase keaktifan siswa pada akhir siklus I adalah 80,56% dan pada akhir siklus II menjadi 90,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan CPS berbantuan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa SMP Negeri 22 Semarang. Model pembelajaran ini dapat lebih optimal jika diikuti dengan pengelolaan kelas dan perencanaan yang baik oleh guru. Sebaiknya pembelajaran menggunakan media permainan juga digunakan pada materi pokok bahasan yang lain agar pembelajaran terasa menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran CPS, Media Permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2011 04:55
Last Modified: 25 Apr 2015 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item