PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA GUNA PENINGKATAN PENDIDIKAN JASMANI DI KOTA TEGAL


Muhammad Yusril Safri, 6102416003 (2020) PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA GUNA PENINGKATAN PENDIDIKAN JASMANI DI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416003.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang yang terjadi yaitu ketersediaan sumber daya manusia keolahragaan dan indeks ruang terbuka olahraga di Kota Tegal apabila ditinjau dari Sport Development Index. Pembangunan olahraga pada dasarnya dipengaruhi oleh empat aspek indikator yaitu ketersediaan sumber daya manusia olahraga, ruang terbuka olahraga, partisipasi masyarakat, dan tingkat kebugaran masyarakat. Masalah yang ada di lapangan yaitu ketersediaan sumber daya manusia keolahragaan masih kurang dan banyak yang belum bersertifikasi, ruang terbuka olahraga belum dikembangkan secara maksimal sehingga mempengaruhi tinggi, sedang, atau rendahnya tingkat ketersediaan sumber daya manusia dan indeks ruang terbuka olahraga, dan pendidikan jasmani yang perlu ditingkatkan melalui pembangunan olahraga dilihat dari dua aspek. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan indeks Sumber Daya Manusia Keolahragaan dan indeks Ruang Terbuka Olahraga di Kota Tegal ditinjau dari Sport development Index. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Tegal Timur, Kecamatan Tegal Barat, dan Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan cluster sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Hasil penelitian : 1) Indeks Sumber Daya Manusia Keolahragaan Kota Tegal sebesar 0,0010 kategori rendah, hal ini terjadi karena masih banyak sekolah yang belum memiliki guru penjas dan tidak memiliki sertifikat guru penjas, serta pelatih dan instruktur yang masih kurang dan tidak memiliki sertifikat, 2) Indeks Ruang Terbuka Olahraga Kota Tegal sebesar 0,25 kategori rendah, hal ini terjadi karena kurangnya pembangunan ruang terbuka olahraga, beralihnya lahan menjadi pemukiman, serta semakin banyak lahan terbuka yang beralih fungsi. Simpulan Sumber Daya Manusia Keolahragaan dan Ruang Terbuka Olahraga di Kota Tegal ditinjau dari Sport Development Index masih berada dalam kategori rendah. Saran untuk Pemerintah Kota Tegal hendaknya memperluas dan dapat memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk masyarakat umum, seperti ruang terbuka untuk berolahraga dengan fasilitas yang memadai, SDM yang mampu mengolahragakan masyarakat serta memperbanyak event tentang keolahragaan, memberi pelatihan kepada pelatih dan instruktur agar kualitas SDM bisa berperan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sport Development Index, Sumber Daya Manusia, Ruang Terbuka Olahraga, Pendidikan Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 16:57
Last Modified: 02 Sep 2020 16:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38747

Actions (login required)

View Item View Item