PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX ASPEK PARTISIPASI DAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DI KABUPATEN BLORA


Kunta Indra Atmaja, 6102416014 (2020) PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX ASPEK PARTISIPASI DAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416014.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini untuk mengkaji bagaimana tingkat partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani di Kabupaten Blora ditinjau dari sport development index (SDI). Masalah dalam penelitian ini belum diketahuinya tingkat partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat di Kabupaten Blora. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan indeks partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat di Kabupaten Blora ditinjau dari sport development index (SDI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini survei melalui pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kecamaatan Kunduran, Todanan, dan Blora Kabupaten Blora Jawa Tengah. Instrumen penngumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes Multistage Fitness Test (MFT), dan angket. Pengumpulan data meliputi jumlah penduduk usia 7 tahun ke atas, partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat. Kemudian dianalisis dengan menggunkan analisis sport development index (SDI) agar mendapatkan kesimpulan dari fenomena-fenomena yang ada. Hasil dari penelitian ini: 1) Indeks partisipasi olahraga Kabupaten Blora yaitu 0.5444. Atau apabila dilihat dari norma sport development index, indeks partisipasi olahraga Kabupaten Blora masuk dalam kategori menengah. 2) Indeks kebugaran Kabupaten Blora yaitu 0.5826. Atau apabila dilihat dari norma sport development index, indeks kebugaran jasmani Kabupaten Blora masuk dalam kategori menengah. Simpulan dalam penelitian ini menurut sport development index (SDI), tingkat partisipasi olahraga di Kabupaten Blora masuk dalam kategori menengah. Kemudian tingkat kebugaran jasmani di Kabupaten Blora masuk dalam kategori menengah. Saran peneliti untuk pemerintah Kabupaten Blora hendaknya dapat meningkatkan kepedulian terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga, mulai dari perencanaan program untuk membina dan mengembangkan olahraga rekreasi guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berolahraga. Seperti mengadakan car free day di akhir pekan, menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama secara rutin, seperti senam, jalan santai, atau kegiatan rekreasi lainya sehingga masyarakat lebih tertarik untuk melakukan aktivitas olahraga yang dapat meningkatkan antusiasme masyarakat dalam berolahraga guna meningkatkan kebugaran jasmani masyarakat di Kabupaten Blora.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Olahraga, Sport Development Index, Partisipasi Olahraga, Kebugaran Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 16:46
Last Modified: 02 Sep 2020 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38745

Actions (login required)

View Item View Item