SURVEI PEMBINAAN PRESTASI PADA OLAHRAGA KARATE DI KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI TAHUN 2019


Purwa Kresna Aji Wijaya, 6102415014 (2020) SURVEI PEMBINAAN PRESTASI PADA OLAHRAGA KARATE DI KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102415014.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, program latihan yang belum terprogram secara baik, dan pelatih yang belum memiliki sertifikat kepelatihan. Dalam usaha prestasi olahraga karate, diperlukan unsur pendukung yang sangat penting, salah satu unsur tersebut yaitu pembinaan. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana pembinaan olahraga karate di Kabupaten Merangin?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembinaan olahraga karate di Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di 3 dojo yang ada di Kabupaten Merangin, yaitu: Dojo SMAN 12 Merangin, Dojo Biduk Amo dan Dojo SDN 170 Desa Rasau. Sasaran penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan data reduction, data display, dan data conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa, 1) Struktur organisasi kepengurusan karate di Kabupaten Merangin sudah lengkap, 2) Program Latihan yang diberikan yaitu program latihan mingguan, dimana setiap satu minggu diadakan dua kali latihan dan pada saat latihan pelatih baru menjelaskan program latihan yang akan dilaksanakan pada latihan tersebut. Tidak ada program latihan tertulis yang diberikan oleh pelatih untuk para atletnya, 3) Pelatih karate di Kabupaten Merangin sudah cukup baik dikarenakan pelatih memiliki pengalaman dibidang karate, meskipun belum semua pelatih memiliki sertifikat, 4) Perekrutan atlet langsung dilakukan oleh pelatih sendiri, 5) Sarana dan prasarana yang digunakan oleh dojo yang ada di Kabupaten Merangin bisa dikatakan cukup baik, dan 6) Sumber dana bersal dari iuran para anggota dojo. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembinaan karate yang ada di Kabupaten Merangin sudah cukup baik, saran dalam penelitian ini adalah program latihan dibuat secara tertulis dan terprogram dan dari segi sarana dan prasarana agar ditingkatkan kembali dan dibuatkan gedung khusus latihan karate.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Karate
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 16:38
Last Modified: 02 Sep 2020 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38743

Actions (login required)

View Item View Item