PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BARy (BOARD’S AUGMENTED REALITY) PADA POKOK BAHASAN ELEKTROSTATIKA


Agus Priyono, 4201412119 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BARy (BOARD’S AUGMENTED REALITY) PADA POKOK BAHASAN ELEKTROSTATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412119.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Proses pembuktian dan pemahaman suatu teori membutuhkan suatu gambaran yang jelas mengenai kasus yang dikaji. Untuk membantu proses tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran dalam bentuk animasi ataupun alat peraga seperti komputer, proyektor, smartphone, ataupun web dalam pembelajaran sesuai dengan materi dan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran BARy (Board’s Augmented Reality) pada pokok bahasan elektrostatika sebagai tambahan atau pelengkap pembelajaran materi elektrostatika, menguji validitas dan keefektifannya. Penelitian ini mengikuti model 4D ( Four-D Models ) yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media meliputi aspek desain pembelajaran, aspek pengembangan perangkat lunak, dan aspek komunikasi visual. Nilai pengujian akan ditentukan oleh para pengguna aplikasi ini yaitu mahasiswa jurusan fisika angkatan 2014. Hasil validasi yang mencangkup aspek rekayasa perangkat lunak, aspek substansi materi, dan aspek desain komunikasi menghasilkan nilai 4,60 (92%), 4,57 (91%), dan 4.17 (83%). Secara keseluruhan menghasilkan nilai rata – rata 4,45 atau 89% yang menunjukkan bahwa aplikasi BARy ini layak digunakan. Sedangkan hasil dari pengujian aplikasi dengan mahasiswa menghasilkan nilai 3,92 atau 78% yang menunjukkan aplikasi BARy ini termasuk baik atau layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, aplikasi mobile learning, elektrostatika, smartphone Android, augmented reality
Subjects: L Education > Educational Institutions > learning facilities
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 16:02
Last Modified: 02 Sep 2020 16:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38736

Actions (login required)

View Item View Item