IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN KARAKTER POSITIF PADA SISWA


Adrik Zulfa Aghni, 4201413072 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN KARAKTER POSITIF PADA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413072.pdf] PDF - Published Version
Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran I-STEM terhadap hasil belajar dan karakter positif pada siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Pembelajaran I-STEM merupakan perpaduan antara sains, teknologi, cipta karya dan matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Hasil belajar dalam penelitian ini merupakan perubahan keadaan potensi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran yang mencakup aspek kognitif. Karakter positif merupakan ciri khas yang melekat pada peserta didik yang menunjukkan nilai-nilai positif. Sampel pada penelitian ini adalah 33 siswa yang termasuk kedalam kelas XI IPA 3. Sampel diambil menggunakan Teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental one group pretest-posttest design. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pretest dan posttest serta instrumen non-tes berupa lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar dan karakter positif siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai hasil uji n-gain sebesar 0,56 (sedang). Seluruh karakter positif siswa tumbuh dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan adanya tren peningkatan pada tiap pertemuan. Hasil analisis respon siswa terhadap pembelajaran I-STEM menunjukkan respon yang baik dengan nilai 85,3% (kategori minat sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran I-STEM, Hasil Belajar, dan Karakter
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 15:45
Last Modified: 02 Sep 2020 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38733

Actions (login required)

View Item View Item