PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWOTIER ESSAY TEST UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN INTERPRETASI KONSEP USAHA DAN ENERGI
Bagas Abiyyu Pratama, 4201413074 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWOTIER ESSAY TEST UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN INTERPRETASI KONSEP USAHA DAN ENERGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik two-tier essay untuk mengukur kemampuan interpretasi grafik dan gambar siswa SMA dengan fokus pada materi fisika usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi tahapan Gall&Borg (2009) dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan tes produk instrumen DTTE. Dalam pengembangan didapatkan 5 butir soal DTTE yang valid dengan kelayakan materi (100%), konstruksi (95,5%), dan bahasa (100%). Pada tahap uji coba terbatas dilibatkan 60 siswa, 94 siswa pada tahap uji lapangan, hasil pengembangan menunjukan kriteria reabilitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha sebesar (0,76) pada uji terbatas dan nilai Cronbach’s Alpha pada uji lapangan sebesar (0,81), perolehan hasil tersebut menunjukan instrumen DTTE memenuhi kriteria baik, valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis didapatkan profil interpretasi grafik dan gambar dengan persentase rata-rata yaitu, aspek interpretasi gambar (9,57%) dan aspek interpretasi grafik (9,04%). Selain itu temuan keasalahan ratarata yang dialami siswa diantaranya: 1. Siswa mengandalkan rumus yang mereka ingat, sehingga dalam memecahkan soal siswa cenderung mencocok-cocokan rumus untuk menemukan jawaban soal, 2. Siswa tidak paham tentang data (X,Y) grafik usaha, siswa menganggap jika akan menggambar grafik usaha maka nilai usaha harus nampak pada variabel koordinat (X,Y), 3. Asumsi yang salah dalam menggambar grafik siswa menganggap bahwa garis gaya pada soal menunjukan gambar grafik itu sendiri, 4. Siswa tidak dapat menentukan pemilihan nilai dari rentang data variabel yang tepat, 5. Kemampuan siswa dalam trigonometri masih lemah, 6. Kurangnya ketelitian siswa yang menyebabkan kesalahan dalam penghitungan data grafik dan jawaban soal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes Diagnostik, Two-Tier Essay, Interpretasi, Usaha dan Energi |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 15:42 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 15:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38732 |
Actions (login required)
View Item |