PENYUSUNAN BAHAN AJAR FISIKA SMP MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA KELAS VII


Hernis Masyitoh, 4201413100 (2018) PENYUSUNAN BAHAN AJAR FISIKA SMP MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413100.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Bahan ajar yang sama ditafsirkan dan diperlakukan dengan cara yang berbeda oleh setiap guru, untuk itu penting sekali bagi guru untuk membuat bahan ajar sendiri. Dalam proses tumbuh kembang peserta didik banyak permasalahan yang muncul, sebagai contoh adalah adanya tindak kekerasan yang terjadi di manamana, tawuran antar pelajar, kurangnya rasa hormat dan sopan santun kepada orang yang lebih tua, kurangnya kedisiplinan dan lain sebagainya. Bahan ajar yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter diharapkan mampu menjadi salah satu penunjang keberlangsungan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika SMP terintegrasi karakter yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA, mengetahui perkembangan hasil belajar kognitif dan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan bentuk One Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP N 1 Mayong Jepara. Prosedur penelitian meliputi: pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, dan tahap uji coba lapangan awal. Bahan ajar diuji kelayakannya dengan menggunakan angket serta uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Data perkembangan karakter diperoleh melalui angket karakter dan observasi langsung. Hasil uji kelayakan yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa, sebesar 80,30% menunjukkan bahwa bahan ajar fisika SMP terintegrasi karakter layak digunakan. Hasil uji keterbacaan mencapai persentase 81% menunjukkan bahwa bahan ajar fisika SMP terintegrasi karakter mudah dipahami. Berdasarkan uji coba skala besar, bahan ajar fisika SMP terintegrasi karakter dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa yang ditandai meningkatnya nilai pretest ke posttest. Bahan ajar fisika SMP terintegrasi karakter juga mempengaruhi perkembangan karakter rasa ingin tahu, tanggung jawab dan peduli lingkungan dengan besar rata-rata peningkatan termasuk dalam kategori sedang. Pada proses pengembangan karakter diperlukan alokasi waktu lebih lama, agar karakter yang dikembangkan dapat membudaya dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, observasi perkembangan karakter hendaknya dilakukan dengan observer yang lebih banyak agar didapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, diperlukan adanya rumusan masalah mengenai hubungan antara perkembangan prestasi kognitif dan karakter masing-masing siswa, sehingga dapat diketahui hubungan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, IPA, Lapisan Bumi, Karakter
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 15:37
Last Modified: 02 Sep 2020 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38731

Actions (login required)

View Item View Item