PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SCRATCH PADA POKOK BAHASAN HUKUM OERSTED


Nila Muna Intana, 4201413076 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SCRATCH PADA POKOK BAHASAN HUKUM OERSTED. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 201413076.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Undang-Undang no 20 tahun 2003, pasal 3 menyinggung tentang tujuan nasional Pendidikan. Kurikulum 2013 adalah upaya pemerintah untuk mencapai tujuan Pendidikan nasional. Pembelajaran sains dalam Kurikulum 2013 mengacu pada pencapaian kemampuan abad 21 salah satunya adalah trampil dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian beberapa ahli, penggunaan teknologi berupa simulasi memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar siswa. Media yang dikembangkan adalah simulasi fisika berbasis scratch. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran fisika dengan materi hukum Oersted dan mengetahui kelayakan media. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian ini meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain media, revisi desain, uji kelayakan media, dan uji respon media kepada guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah guru fisika dan siswa SMA Negeri 1 Pekalongan kelas XII MIPA 1. Produk media yang dihasilkan adalah video pembelajaran, simulasi hukum oersted, dan juga website. Masingmasing media dibuat dengan menggunakan aplikasi Videoscribe, Corel Video Studio X7, Scratch 2.0, dan WordPress 4.9. Uji kelayakan media dinilai pada 4 aspek penilaian yaitu aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafikan dan rekayasa perangkat lunak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian ahli materi sebesar 98% (sangat layak) dan rata-rata penilaian ahli media 77% (layak). Hasil uji respon siswa terhadap media mencapai 77% terkategori baik, dan penilaian guru terhadap media mencapai 95% terkategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa maka multimedia pembelajaran fisika berbasis scratch pada pokok bahasan hukum Oersted layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, simulasi, scratch
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 15:32
Last Modified: 02 Sep 2020 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38730

Actions (login required)

View Item View Item