PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SERTA MINAT BELAJAR SISWA


Ian Ahmad Al Hidayah, 4201413107 (2018) PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SERTA MINAT BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413107.pdf] PDF - Published Version
Download (12MB)

Abstract

Setiap proses belajar dan mengajar ditandai dengan adanya beberapa unsur antara lain tujuan, bahan, metode dan alat, serta evaluasi. Unsur metode dan alat merupakan unsur yang tidak bisa dilepaskan dari unsur lainya yang berfungsi sebagai cara atau teknik untuk mengantarkan bahan pelajaran agar sampai kepada tujuan. Dalam rangka untuk mewujudkan tujuan tersebut, penggunaan alat peraga diharapkan dapat mepermudah siswa untuk memahami isi bahan pembelajaran. Alat peraga dalam pembelajaran dapat diterapkan untuk memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa pada ranah kognitif dan besar minat belajar siswa. Ranah kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek, yakni mengetahui atau mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Minat belajar dapat ditinjau dari tiga aspek yaitu perasaan suka/senang, partisipasi, dan perhatian. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan kognitif serta besar minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangtengah Kabupaten Demak. Kemampuan kognitif diukur menggunakan instrumen tes berupa tes uraian berjumlah delapan soal, sedangkan minat belajar diukur menggunakan instrumen angket dengan skala likert yang berjumlah 12 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif siswa meningkat sebesar 0,51 dengan kategori sedang pada keseluruhan aspek kognitif yang diteliti, dan minat belajar siswa menunjukan respon yang sangat baik pada ketiga aspek yang diteliti yaitu 81,12% untuk aspek senang; 83,75% untuk aspek perhatian; dan 87,34% untuk aspek partisipasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga pembelajaran fisika dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah Kabupaten Demak. Penggunaan alat peraga juga dapat mempengaruhi besar minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, kemampuan kognitif, minat belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 15:28
Last Modified: 02 Sep 2020 15:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38726

Actions (login required)

View Item View Item