PERANCANGAN MERCHANDISE PAWISATA ALAM UMBUL PONGGOK KABUPATEN KLATEN


Yulia Ambarwati , 2411413006 (2020) PERANCANGAN MERCHANDISE PAWISATA ALAM UMBUL PONGGOK KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411413006.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Klaten merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai potensi wisata air berupa umbul yang cukup mencolok karena terdapat 123 titik mata air atau umbul yang telah dikelola menjadi objek wisata, salah satunya yaitu Umbul Ponggok. Wisata Umbul Ponggok cukup diminati para pengunjung saat mengunjungi Kabupaten Klaten karena keunikan wisatanya yaitu dapat melakukan kegiatan snorkelling mapun diving seperti di Bunaken. Selain itu, pengunjung juga dapat berswafoto underwater menggunakan properti yang sudah disediakan pihak pengelola. Pengunjung yang puas berfoto dan merekam video aktivitas mereka selama di dalam air mengunggahnya ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtobe. Berkat medsos atau media sosial Umbul Ponggok mulai naik daun, sehingga angka kunjungan wisata terus meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu pihak pengelola mengambil kesempatan untuk mengembangkan toko sovenir dengan menjual berbagai merchandise bertemakan Umbul Ponggok sebagai kenang-kenangan. Merchandise yang dirancang meliputi t-shirt, totebag, bucket hat, tumbler dan gantungan kunci. Proses perancangan dilakukan dengan teknik digital, menggukan aplikasi Adope Photoshop CS6 dan Corel Draw X7. Proses perancangan merchandise ini melalui beberapa tahapan proses pra produksi, proses produksi, proses pasca produksi. Karya yang dihasilkan berupa tshirt, totebag, bucket hat, tumbler dan gantungan kunci. Semua desain merchandise yang dibuat mengandung visual desain ilustrasi hasil dari representasi visual kegiatan yang dapat dilakukan pengunjungi saat mengunjungi wisata alam Umbul Ponggok. Semua karya yang dihasilkan dikaji mengenai spesifikasi dan deskripsinya. Selain itu karya juga dianalisis dari aspek teknis, aspek estetis, juga aspek komunikasi. Hasil analisis karya ditinjau secara segi estetis terlihat dari penyajian visual dengan warna-warna cenderung warm tone, sehingga menjadi sebuah daya tarik publik. Secara teknis, merchandise ini dicetak dengan teknik digital dan teknik bordir. Untuk analisis komunikasinya semua produk merchandise ini ditujukan sebagai pendukung dalam berpenampilan. Melalui perancangan merchandise ini diharapakan dapat mengembangkan bisnis baru, meningkat angka kunjungan wisata, serta meningkatkan citra Umbul Ponggok agar dapat bersaing dengan kompetitor yang bergerak di bidang wisata serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Merchandise, Pariwisata Alam, Umbul Ponggok Kabupaten Klaten.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 14:57
Last Modified: 02 Sep 2020 15:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38724

Actions (login required)

View Item View Item