ABATAMA (Al Abwab At Tahwiliyah Al Maudhi’iyah): PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK TK/RA B DI KOTA SEMARANG


Eka Nurchasanah, 2303416038 (2020) ABATAMA (Al Abwab At Tahwiliyah Al Maudhi’iyah): PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK TK/RA B DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416038.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya antusias belajar bahasa Arab anak TK/RA B. Secara umum guru dan anak TK/RA B masih membutuhkan media pembelajaran yang mendukung dalam pebelajaran bahasa Arab. Untuk itu, peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pop up tematik transformasi yang diberi nama ABATAMA sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar anak TK/RA. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis kebutuhan guru terhadap media ABATAMA, 2) Bagaimana prototipe media ABATAMA untuk Anak TK/RA, 3) Bagaimana validasi ahli dan guru terhadap media ABATAMA, 4) Bagaimana revisi ahli dan guru terhadap media ABATAMA, dan 5) Bagaimana analisis SWOT terhadap media ABATAMA. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima yaitu sampai pada tahap revisi produk. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghendaki media ABATAMA berisi empat komponen yaitu program pengembangan dan kompetensi dasar, materi pembelajaran meliputi (kosakata, mewarnai gambar dan menulis huruf hijaiyya serta evaluasi seperti puzzle, menelusuri jalan, dan menjodohkan gambar). Hasil penelitian diperoleh dari angket validasi oleh pakar ahli dan tanggapan guru TK/RA, dengan rincian hasil penilaian aspek kelayakan isi dan materi memperoleh nilai rata-rata 37. Pada aspek penyajian (tampilan) memperoleh nilai rata-rata 37,4. Aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 38,25. Dari penilaian tersebut dapat diketahui bahwa media ABATAMA memperoleh nilai rata-rata nilai 37,55 dengan kategori sangat baik pada setiap aspek, yaitu nilai masuk pada rentangan lebih dari 30 sampai dengan atau kurang dari 40. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis SWOT media ABATAMA terhadap media lama yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa) Kelompok B tematik saintifik Kurikulum RA/BA/TA SK Dirjen Pendidikan Islam No. 3489 Tahun 2016 yang diterbitkan oleh Erlangga, flash card, huruf hijaiyyah, tape recorder, buku iqro’ dan qiroati, Maka diperoleh kesimpulan bahwa media baru akan lebih banyak diminati oleh guru dan anak TK/RA B, karena media lama belum mengajarkan kosakata bahasa Arab, kurang manarik, dan belum sesuai kurikulum Bahasa Arab TK/RA B sehingga meningkatkan kompetensi pemahaman anak TK/RA B dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 11:20
Last Modified: 02 Sep 2020 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38718

Actions (login required)

View Item View Item