EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY MEMORIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 04 TAMANSARI PURBALINGGA


Nurrohmah, 2303416023 (2020) EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY MEMORIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 04 TAMANSARI PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416023.pdf] PDF - Published Version
Download (690kB)

Abstract

Keterampilan berbicara dan membaca merupakan keterampilan berbahasa lisan yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbicara dan membaca siswa di MTs Maarif NU 04 Tamansari Purbalingga tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa masih kurang yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah kurangnya variasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan suatu metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses interaksi belajar mengajar, salah satunya dengan penerapan metode Mim-Mem (Mimicry Memorization). Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab, (2) Mengetahui keefektifan metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Maarif NU 04 Tamansari Purbalingga. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan quasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes lisan dan tertulis, sedangkan instrumen non tes yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai pre-test dan post-test keterampilan berbicara kelas eksperimen yaitu 68,9 dan 75,16. Sedangkan diketahui pada kelas kontrol rata-rata dari nilai pre-test dan post-test adalah 66,98 dan 65,56. Pada keterampilan membaca kelas eksperimen rata-rata dari nilai pre-test dan post-test adalah 68,43 dan 75,33. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata dari nilai pre-test dan post-test adalah 71,16 dan 71,50. Dari perhitungan menggunakan t-test diperoleh thitung = 9,7 dan thitung = 3,24, sedangkan ttabel untuk N=30 dan derajat kebebasan dk=30-1=29 adalah 2,045 dengan taraf signifikansi 5%. Maka hipotesis yang diterima adalah Ha. Dengan demikian penerapan metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Maarif NU 04 Tamansari Purbalingga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Keterampilan membaca, Metode MimMem (Mimicry Memorization)
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:45
Last Modified: 02 Sep 2020 05:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38708

Actions (login required)

View Item View Item