PENGEMBANGAN KAYIS (KAMUS YAUMIYAH SANTRI) SEBAGAI PENUNJANG PROGRAM YAUMUL ‘AROBIYAH (HARI BAHASA ARAB) UNTUK SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QURAN RIJALUL QUR’AN SEMARANG


Muhammad Hasan Muiz Abdai, 2303416058 (2020) PENGEMBANGAN KAYIS (KAMUS YAUMIYAH SANTRI) SEBAGAI PENUNJANG PROGRAM YAUMUL ‘AROBIYAH (HARI BAHASA ARAB) UNTUK SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QURAN RIJALUL QUR’AN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302416058.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Minimnya pembendaharaan kosakata bahasa Arab santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Rijalul Qur’an Semarang disebabkan oleh tidak adanya media khusus yang membantu mereka dalam menguasai kosakata bahasa Arab sehingga program Yaumul ‘Arobiyah (Hari Bahasa Arab) bisa terlaksana dengan baik. Kamus-kamus yang ada saat ini belum membantu secara efektif karena hanya berisi kumpulan kosakata dan terjemahannya. Sehingga diperlukan kamus khusus yang dapat membantu santri dalam mendukung program Yaumul ‘Arobiyah (Hari Bahasa Arab). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana analisis kebutuhan santri dan guru bahasa Arab Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Rijalul Qur’an Semarang terhadap KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri)? 2) bagaimana prototipe KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri) sebagai Penunjang Program Yaumul ‘Arobiyah (hari bahasa Arab) untuk santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Rijalul Qur’an Semarang? 3) Bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri) sebagai Penunjang Program Yaumul ‘Arobiyah (hari bahasa Arab)? 4) Bagaimana revisi desain KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri) sebagai Penunjang Program Yaumul ‘Arobiyah (hari bahasa Arab)? Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima, yaitu revisi desain produk. Alat pengambilan data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket kebutuhan guru dan santri, angket validasi ahli, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru dan santri menghendaki adanya pengembangan KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri) sebagai Penunjang Program Yaumul ‘Arobiyah (hari bahasa Arab) yang berisi 7 komponen utama yaitu, pendahuluan, cara penggunaan, daftar isi, kata benda, kata kerja, kalimat praktis, dan biodata penulis. Analisis penilaian ahli menunjukkan bahwa KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri) sudah sesuai dan baik dalam aspek desain media, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kegrafikan, maupun kelayakan bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kamus, KAYIS (Kamus Yaumiyah Santri), dan Yaumul ‘Arobiyah
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:07
Last Modified: 02 Sep 2020 05:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38703

Actions (login required)

View Item View Item