IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK DR. TJIPTO SEMARANG


Arba’in Mahmud Eko Priyanto , 3301415011 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK DR. TJIPTO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK DR. TJIPTO SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK DR. TJIPTO SEMARANG) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan investasi utama bagi suatu bangsa. Pendidikan yang baik tidak boleh mengesampingkan proses pembelajaran. Didalam suatu penyelenggaraan pendidikan diharapkan dapat mewujudkan perkembangan potensi diri peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PPKn dan mengetahui hambatan pada saat pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SMK Dr. Tjipto Semarang. Subyek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang diterapkan pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) pada semester genap tahun akademik 2018/2019 dengan jumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data berupa : metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk teknik yang digunakan dalam menganalisis data dilakukan secara deskriptif, dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan cara observasi atau pengamatan langsung, mempelajarai, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran dibagi menjadi 3 kegiatan. Diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Didalam 3 kegiatan tersebut terdapat empat fase kegiatan yang terdiri dari fase 1 : penomoran, fase 2 : mengajukan pertanyaan, fase 3 : berfikir bersama dan fase 4 : menjawab. Empat fase tersebut menjadi bagian penting dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperaif Numbered Heads Together (NHT). Didalam implementasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terdapat beberapa hambatan, yang peneliti klasifikasikan menjadi 2 bagian pada pertemuan pertama dan kedua yang didalamnya terdapat hambatan internal dan hambatan eksternal. Adapun hambatan yang dijumpai peneliti pada saat pertemuan pertama ialah siswa kurang memahami scenario pembelajaran, kurangnya kerjasama kelompok siswa, kurangnya konsentrasi siswa, siswa kurang interaktif pada saat pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri siswa, masih adanya siswa yang malas membaca materi, modul yang diberikan tidak dibawa dan kurangnya waktu dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan pada pertemuan kedua peneliti masih menjumpai hambatan diantaranya adanya siswa yang masih kurang percaya diri dalam mempresentasikan hasil yang sudah dibuat, masih adanya beberapa siswa yang malas membaca dan kurangnya waktu dalam pelaksanaan pembelajaran. Saran yang dapat diajukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) harapannya dapat sering digunakan guru dalam proses belajar mengajar, dapat membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajaran mengajar, dan sekolah dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Numbered Heads Together (NHT).
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:58
Last Modified: 02 Sep 2020 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38695

Actions (login required)

View Item View Item