ANALISIS SITUS GABFLE SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE PRÉ ÉLÉMENTAIRE
Putri Citra T.D, 2301415013 (2020) ANALISIS SITUS GABFLE SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE PRÉ ÉLÉMENTAIRE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran pada mata kuliah menyimak bahasa Prancis dapat dikaji dari sumber internet seperti situs-situs belajar online. Salah satu yang termasuk situs belajar online untuk bahasa Prancis bernama Gabfle. Situs Gabfle memberikan kuis-kuis dan latihan secara gratis khususnya bahasa Prancis lisan. Oleh karena situs tersebut dapat digunakan sebagai latihan para pembelajar bahasa Prancis maupun sebagai bahan ajar para pengajar Bahasa Prancis sebagai bahasa asing (FLE) di UNNES maka hal ini dapat menjadikan situs Gabfle sebagai salah satu situs yang potensial untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Prancis di UNNES. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah materi menyimak tingkat A1 dalam situs Gabfle, kemudian mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaiannya untuk digunakan sebagai materi pendukung dalam mata kuliah Compréhension Orale Pré Élémentaire. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa video/audio untuk keterampilan menyimak tingkat A1 dalam situs Gabfle. Berdasarkan dokumentasi, terdapat 15 video/audio untuk keterampilan menyimak yang tersebar di 10 menu. Untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis isi pesan (content analysis) dengan menggunakan kartu data yang disusun berdasarkan RPS mata kuliah Compréhension Orale Pré Élémentaire. . Berdasarkan hasil analisis, yang peneliti lakukan exercice pada tingkat A1 untuk keterampilan menyimak terdapat dalam 15 menu. Kemudian kesesuaian antara transkripsi video atau audio terhadap CPMK dan bahan kajian, peneliti menemukan 14 dokumen yang dapat mendukung pencapaian CPMK dan terdapat 3 dokumen yang tidak dapat mendukung pencapaian CPMK.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | situs online, DELF A1, menyimak |
Subjects: | P Language and Literature > PU French Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 03:50 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 03:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38693 |
Actions (login required)
View Item |